Memerankan Karakter Tokoh Stevan Federov dalam Pertunjukan Teater Keadilan Menggunakan Metode Akting Stanislavsky

Jesaya Guspri Sitanggang, Nurwani Nurwani, Frisdo Ekardo

Abstract


Proses penciptaan seni peran juga memerlukan teori, dan metode yang relevan. Penulis sekaligus aktor memilih naskah Les Justess (1949) karya Albert Camus, seorang jurnalis terkenal Perancis. Sebagai syarat ujian akhir (s1) penulis memilih proses penciptaan dengan naskah yang diterjemahkan Ipong Niaga salah satu dosen Universitas Negeri Gorontalo dengan judul Keadilan. Naskah “Keadilan” merupakan naskah realisme dengan genre tragedi yang bertemakan Fanatisme, tokoh dalam naskah ini merupakan tokoh biopik (tokoh yang pernah hadir di dunia nyata diangkat dalam sebuah naskah). Penulis memerankan tokoh Stevan Federov dengan latar belakang seorang mantan narapidana. Sebagai kerja akademik penulis sekaligus aktor  melakukan observasi penelitian di Lapas 01 Medan Tanjung Gusta. Berdasarkan uraian diatas penulis sekaligus aktor menggunakan beberapa teori untuk menciptakan karakter tokoh diantaranya : 1) George R Kernodle analisis struktur dan tekstur. 2) Lajos Angry analisis struktur tiga tulang 3) Sigmund Freud Psikologis. Dalam memerankan tokoh Stevan Federov penulis menggunakan metode akting Stanislavsky sebagai acuan memerankan Stevan Fedrov dengan sudut pandang Asrul Sani terdiri dari 1) Observasi 2) Imajinasi 3) Konsentrasi 4) Ingatan emosi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsi dengan  teknik pengumpulan data diantaranya studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.

Full Text:

PDF

References


Abdulah, T., Dimyati, I. S., & Saefidier, D. (2015). Dinamika Teater Modern Di Bandung 1958-2002. Jurnal Seni Budaya, 25(2).

Cahyaningrum, D. (2010). Drama, Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Freud, S. (2018). Ego dan Id. Penerbit Tanda Baca. Yogyakarta.

Haggar Budi, P. (2013). Meneliti Seni Pertunjukan. BP ISI Yogyakarta. Yogyakarta.

Hart, M. H. (1984). Seratus Tokoh yang Berpengaruh dalam Sejarah. Jakarta Pustaka. Vol. 04.

Kernodle, G. R. (1961). Analisis Struktur dan Tekstur. Universitas Sebelas Maret.

Putra, F. E. (2021). Perwujudan Tokoh Ivan Kaliayev dalam Naskah Keadilan Karya Albert Camus, dengan Pendekatan Akting The System Stanislavsky. Jurnal Laga Laga, 7(1).

Rindi Antika (2014). Peningkatan Keterampilan Ekspresi Drama dengan Menggunakan Metode Akting Stanislavsky. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, 01(01).

Stanislavsky, K. (2006). My Life in Art. Pustaka Kayutangan. Malang.

Stanislavsky, K. (2007). Persiapan Seorang Aktor. P.T Dunia Pustaka Jaya bekerjasama dengan Dewan Kesenian Jakarta. Jakarta.

Stanislavsky, K. (2007). Persiapan Seorang Aktor. Sanggar Pelakon. Jakarta.

Zahroh, F. T. (2020). Filsafat Albert Camus. Jurnal Penelitian, 15.

Zahroh, F. T. (2020). Filsafat Albert Camus. Jurnal Penelitian, 15.




DOI: https://doi.org/10.24114/ilj.v2i2.62130

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 10 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/ilj.v2i2.62130.g24721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.