Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D ‘BodyLearn’ untuk Materi Sistem Pencernaan dan Pernapasan SMP

Authors

  • Muhammad Iqbal

DOI:

https://doi.org/10.24114/ilj.v3i2.69486

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, menuntut guru untuk berinovasi dalam menyampaikan materi ajar. Salah satu permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam materi sistem pencernaan dan pernapasan manusia untuk siswa SMP. Oleh karena itu, perancangan media pembelajaran interaktif ini bertujuan untuk membantu guru menyampaikan materi secara visual, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa. Perancangan ini menjadi penting karena dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi yang bersifat abstrak dan sulit dibayangkan. Landasan teori dalam perancangan ini mengacu pada konsep media pembelajaran interaktif, UI/UX, dan prinsip desain komunikasi visual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Target audiens primer adalah guru IPA SMP sebagai fasilitator pembelajaran, sedangkan audiens sekunder adalah siswa kelas VIII SMP yang menjadi pengguna utama aplikasi edukatif. Hasil akhir perancangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android bernama BodyLearn, dilengkapi dengan ilustrasi 3D, kuis interaktif, dan maskot edukatif. Aplikasi ini berhasil meningkatkan pengalaman belajar siswa secara visual dan interaktif. Kesimpulannya, media ini efektif sebagai alat bantu ajar dan dapat diadaptasi untuk pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama.

Downloads

Published

2025-10-07

How to Cite

Iqbal, M. (2025). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D ‘BodyLearn’ untuk Materi Sistem Pencernaan dan Pernapasan SMP . In Laboratory Journal: Jurnal Seni Pertunjukan Dan Seni Rupa, 3(2), 99–105. https://doi.org/10.24114/ilj.v3i2.69486