Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D ‘BodyLearn’ untuk Materi Sistem Pencernaan dan Pernapasan SMP
DOI:
https://doi.org/10.24114/ilj.v3i2.69486Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, menuntut guru untuk berinovasi dalam menyampaikan materi ajar. Salah satu permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam materi sistem pencernaan dan pernapasan manusia untuk siswa SMP. Oleh karena itu, perancangan media pembelajaran interaktif ini bertujuan untuk membantu guru menyampaikan materi secara visual, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa. Perancangan ini menjadi penting karena dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi yang bersifat abstrak dan sulit dibayangkan. Landasan teori dalam perancangan ini mengacu pada konsep media pembelajaran interaktif, UI/UX, dan prinsip desain komunikasi visual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Target audiens primer adalah guru IPA SMP sebagai fasilitator pembelajaran, sedangkan audiens sekunder adalah siswa kelas VIII SMP yang menjadi pengguna utama aplikasi edukatif. Hasil akhir perancangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android bernama BodyLearn, dilengkapi dengan ilustrasi 3D, kuis interaktif, dan maskot edukatif. Aplikasi ini berhasil meningkatkan pengalaman belajar siswa secara visual dan interaktif. Kesimpulannya, media ini efektif sebagai alat bantu ajar dan dapat diadaptasi untuk pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Iqbal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of In Laboratory Journal
Copyright for published papers is assigned to the author. The undersigned represents and warrants that the paper is original and that he or she is the author of the paper, except for material clearly identified as the original source, with a notice of permission from the copyright owner where required. The undersigned certifies that the person concerned has the power and authority to make and carry out this assignment.