Taman Purbakala Pugung Raharjo: Pengembangan Identitas Visual Dalam Penguatan Daya Tarik Wisata Prasejarah Lampung Timur

Authors

  • Reynaldi Indra Pratama

DOI:

https://doi.org/10.24114/ilj.v3i2.69878

Abstract

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan destinasi wisata dengan nilai sejarah yang signifikan. Namun, taman ini saat ini belum memiliki identitas visual, yang seringkali membingungkan pengunjung dengan situs arkeologi lain di Lampung, seperti Situs Batu Bedil dan Situs Batu Berak. Tujuan perancangan identitas visual Taman Purbakala Pugung Raharjo ini adalah untuk menciptakan representasi visual yang kuat yang menonjolkan citra khas taman ini dan membedakannya dari situs serupa lainnya di Lampung. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur dari jurnal akademik, observasi lapangan, wawancara, dan kuesioner, yang menjadi referensi dalam proses perancangan dan kreatif. Metode analisis yang digunakan adalah SWOT dan Design Thinking. Identitas visual akan berupa logo yang merepresentasikan esensi taman. Desain logo ini terinspirasi oleh struktur megalitik ikonik taman dan menggabungkan palet warna yang mencerminkan keindahan alam situs arkeologi tersebut. Identitas visual ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik situs bagi pengunjung. Selain itu, media pendukung seperti X-banner, poster, dan merchandise seperti gantungan kunci dan kaos akan disertakan. Penerapan identitas visual untuk Taman Purbakala Pugung Raharjo ini diharapkan dapat membedakannya dan memberinya keunggulan kompetitif dibandingkan tempat wisata sejenis, terutama untuk inisiatif branding di masa mendatang.

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Pratama, R. I. . (2025). Taman Purbakala Pugung Raharjo: Pengembangan Identitas Visual Dalam Penguatan Daya Tarik Wisata Prasejarah Lampung Timur. In Laboratory Journal: Jurnal Seni Pertunjukan Dan Seni Rupa, 3(2), 106–112. https://doi.org/10.24114/ilj.v3i2.69878