PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA N 9 MEDAN T. P 2017/ 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning(PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasiexperiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X MIA-1 dan kelas kontrol X MIA-2 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 8items dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan siswa. Hasil nilai rata-rata pretest diperoleh 33,20 dan nilai rata-rata posttest 76,73. Hasil nilai rata-rata keterampilan siswa diperoleh 85,40 dengan kategori baik, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan akibat pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P.2017/2018.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Usaha Dan EnergiFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i2.13965
Article Metrics
Abstract view : 232 timesPDF - 198 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.