PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI SMA NEGERI 20 MEDAN

Cinta Gustina, Ridwan Abdullah Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning pada materi pokok kinemtika gerak lurus di kelas X SMA Negeri 20 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen MS-1 dan 30 orang untuk kelas control MS-2. Kelas eksperimen diterapkan discovery learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 item. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data melalui uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pretest kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya diberikan perlakuan dengan model discovery learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil postest terdapat perbedaan yang signifikan dengan penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kinematika Gerak Lurus di kelas X semester I SMA Negeri 20 Medan T.P. 2018/2019.

Kata Kunci: : discovery learning, hasil belajar, Kinematika Gerak Lurus


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17570

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.