PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 7 MEDAN

Tjiufen Viin M Manurung ., Nurdin Siregar .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelejaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desai penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 7 Medan yang terdiri dari 5 kelas dan sampel 2 kelas yang ditentukan secara cluster rondom sampling, yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Dari uji hipotesis diperoleh ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan pembelajaran inquiry training dan pemebelajaran konvensional pada materi pokok besaran dan satuan dikelas X SMA N 7 Medan.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran inquiry training.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5422

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.