Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas IX Semester I SMP Swasta Sabilina Tembung

Khairul Amdani, Achmad Suryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Swasta Sabilina Tembung pada materi pokok listrik dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inquiry training dan satu kelas yang lain sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dalah 51,6 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 49,2. Setelah perlakuan diberikan, diperoleh hasil belajar siswa (postes) dengan nilai rata-rata 83,0 pada kelas eksperimen dan 77,8  pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada  materi pokok listrik dinamis di kelas IX semester I SMP Swasta Sabilina Tembung. Rerata aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah 81,9 (kategori sangat aktif) dan pada kelas kontrol adalah 60,4 (kategori aktif).

 

Kata Kunci             :  Inquiry Training, Listrik Dinamis, Aktivitas Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i1.8027

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.