MINAT DAN MOTIVASI WANITA MEMILIH SEKOLAH TINGGI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BINA GUNA

Muhammad Reza Destya, Bessy Sitorus Pane, Atika Suwandana, Muhammad Isnandar, Hafiz Yazid Lubis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan motivasi perempuan dalam memilih Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Lingkungan Medan untuk melanjutkan pendidikannya. Jumlah mahasiswi Sekolah Olahraga dan Kesehatan Pembangunan Medan jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah mahasiswi laki-laki. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah : Seluruh siswi angkatan 2019 s/d 2022 yang terdaftar di Sekolah Olahraga dan Kesehatan Bina Lingkungan Medan yang berjumlah 140 orang dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 52 orang dengan kriteria sampel yang dipilih menggunakan conditional sampling. , Syarat penelitian ini adalah mahasiswi yang menempuh pendidikan pada Angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, data minat responden memilih Perguruan Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Lingkungan Medan dengan kategori Rendah 50-70, jumlah 4, persentase 7,69%, dapat ditemukan. Kategori Sedang 71-85 sebanyak 9 persentase 17,31% dan Kategori Tinggi 86-100 sebanyak 39 persentase 75,00%. Hasil penelitian menunjukkan motivasi perempuan dalam memilih Sekolah Olahraga dan Kesehatan Bina Masyarakat Medan dengan kategori Rendah 50-70 sebanyak 5 persentase 9,61%, Kategori Sedang 71-85 sebanyak 15 persentase 28,85% dan Kategori Tinggi 86-100 sebanyak 32 persentase 61,54%. Kesimpulan dalam penelitian ini terlihat bahwa minat dan motivasi perempuan dalam memilih Sekolah Olahraga dan Kesehatan Bina Lingkungan Medan berbeda-beda. Setiap wanita mempunyai alasannya masing-masing. Namun hasil yang dapat dikemukakan dari penelitian ini adalah minat dan motivasi perempuan dalam memilih Sekolah Olahraga dan Kesehatan Bina Lingkungan Medan dapat dikategorikan tinggi.

Keywords: Minat, Motivasi, Wanita, Studi Femenisme


Full Text:

PDF

References


Aldo Bonar Simbolon, DH (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani.Jurnal Pendidikan Dunia,2(2), 28–32.https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP

Ariaseli , D. , & Puspita , Y. (2021).Feminism Study in the Novel Cinta 2 Kodi by Asma Nadia.https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index

Blume, F., Göllner, R., Moeller, K., Dresler, T., Ehlis, A.C., Gawrilow, C., Yensy, N.A., Sjukur, S.B., Wardani, S., Widodo, A.T., Priyani, N.E., Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A.D., Zubaidah, S., Alisa, Y., Yennita, Y., Irawati, S., Lestari, D.D., ...Irawati, R.K. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.Jurnal Pendidikan Kejuruan.

Dewi, R., & Verawati, I. (2021). Pengaruh Permainan Manipulatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Internasional Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi,10(1), 24–37.https://doi.org/10.46328/ijemst.2163

Endriani, D., Sitompul, H., Mursid, R., & Dewi, R. (2022). Pengembangan Model Lower Passing pada Pendekatan Pembelajaran Payung Berbasis Bola Voli.Jurnal Internasional Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi,10(3), 681–694.https://doi.org/10.46328/ijemst.2508

I Nyoman Agus Adi Kesuma1, I.K.Y S.H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pjok Pada Siswa Sekolah Menengah.Jurnal Penjakora Volume 8 Nomor 1 April 2021,8(1), 62–70.

Imran Akhmad, S.H.R.D.A.S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Overhead Passing Bola Voli.Jurnal Internasional Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi,10(2), 512–527.https://doi.org/10.46328/IJEMST.2291

Kadek, N., Dewi, K., Darmayasa, P., & Wijaya, A. (2021). JOSSAE (Jurnal Sport Science and Education) Motivasi Belajar PJOK Melalui Pembelajaran Daring Bagi Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021.Jurnal Ilmu dan Pendidikan Olah Raga) |,6(2), 189–196.https://doi.org/10.26740/j

Levy, & Patricia. (2017). Desain Penelitian: Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Metode Campuran, Berbasis Seni, dan Partisipatif Berbasis Komunitas.

Manalu, W. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sprint. Di dalamJurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Vol.2, Edisi 2).http://ejournal.upi.edu/index.php/penjas

Miftahuddin1, A.H. (2021). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pjok di Sdn Triyoso Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur Tahun Pelajaran 2020/2021.PGMI AL-Misbah Study Program Journal,7(2), 101–127.

Moerianto, E., Dewi, R., & Valianto, B. (2021). Pengaruh Metode Permainan Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Gerak Lari Sekolah Dasar.

Nazirun, N., Gazali, N., Fikri, M., & Penjaskesrek, J. (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Ylpi Pekanbaru (Vol.6, Edisi 2). https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898

Nofulan Adyani*, AK (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pojok di SMA Negeri 18 Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan sport/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Prof.Dr.Sugiyono. (2010). Prof. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. intro (PDFDrive ).pdf. Di dalamBandung Alf (hal.143).

Putra, I.M.W., Panca Adi, I.P., & Wijaya, M.A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK.Jurnal Olahraga & Pariwisata Indonesia,2(2), 59.https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859

Supriadi, A., Mesnan, M., Akhmad, I., Dewi, R., & Suprayitno, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Keterampilan Manipulatif Menggunakan Media Pembelajaran Pelempar Bola Terhadap Kemampuan Melempar dan Menangkap Bola Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Internasional Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi,10(3), 590–603.https://doi.org/10.46328/ijemst.2441




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v7i1.56759

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.