Pengaruh Latihan Plyometrics Front Jump Dan Single Leg Bound Terhadap Power Otot Tungkai Kaki Pada Atlet Pencak Silat

Christine Stevany Hutabarat, Novita Novita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan plyometrics front jump dan single leg bound terhadap power otot tungkai kaki pada atlet pencak silat SMKN 1 Medan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya power tungkai kaki atlet, sehingga tidak dapat melakukan tendangan dengan baik. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan, menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini seluruh atlet pencak silat yang berjumlah 27 orang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan purposive sampling (sampel bersyarat), yang dapat memenuhi syarat hanya 17 atlet. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan cara pengambilan pre-test, treatment dan post-test. Dari analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai t-hitung hipotesis yaitu diperoleh sebesar 13,031 dan t-tabel 1,745 maka (t-hitung 13,031 > t-tabel 1,745), Maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan plyometrics front jump dan single leg bound terhadap power otot tungkai kaki pada atlet pencak silat SMKN 1 Medan.


Full Text:

PDF

References


Hari Agung Wiwoho, dkk. Profil Kondisi Fisik Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket Putra Sma N 02 Ungaran. Journal of Sport Sciences and Fitness. ISSN 2252-6528. JSSF 3 (1) (2014)

Pratama.Y.R. Perkembangan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) TAHUN 1948-1973. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah. Volume 6, No. 3, Oktober 2018

Sajoto, M. 1995. Peningkatan & Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang : Dahara Prize

Santoso, Bayu. (2016). Pengaruh Latihan Pliometrik Front Jump dan Side Jump terhadap Power Otot Tungkai Atlet Bola Voli Putri Junior Yuso Yogyakarta, Yogyakarta: FIK UNY Yogyakarta.

Sudjana. (2016). Metoda Statistik, Tarsito, Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Tri Setyo Guntoro, dkk. Faktor kemampuan fisik dan psikologis penunjang keterampilan atlet elit sepakbola Propinsi Papua. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran. Vol.6 No.2, Agustus 2020, pp. 390-406


Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Jendela Ilmu Olahraga (J2IO) 
Jalan Wiliien Iskandar Pasar V Medan Estate, Kotak Pos No. 1589 Medan 20221A
 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/j2io dan Email: putraarima@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License