Pengaruh Latihan Passing Drill Dan Wall Pass Terhadap Peningkatan Hasil Passing Sepakbola Pada Atlet Usia 12-14 Tahun SSB PSDK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variasi latihan passing drill dan wall pass dapat meningkatkan hasil passing sepakbola pada Atlet Usia 12-14 Tahun SSB PSDK. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak pemain yang salah dalam melakukan passing, kurangnya ketepatan passing ke teman dan kurangnya power ketika menendang bola, sehingga pada saat menguasai bola pemain ragu-ragu dalam melakukan passing, pemain tidak bisa memutuskan apakah menggiring bola atau melakukan passing. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen melalui pengumpulan data dengan menggunakan tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah atlet SSB PSDK yang berjumlah 20 orang. Sampel diambil menggunakan metode simple random sampling yang berjumlah 12 orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dengan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) uji normalitas Lhitung pada data pre-test senilai 0,207, dan hasil data dengan Lhitung pada data post-test senilai 0,156, taraf signifikan 5% untuk N=12 yaitu 0,242, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. (2) uji homogenitas didapat Fhitung = 2.158 maka Fhitung < Ftabel (2.158 < 2.82). jadi dapat disimpulkan penyebaran dari data pre-test dan post-test peningkatan hasil passing adalah homogen. (3) uji-t berpasangan diperoleh thitung sebesar 6.00. selanjutnya nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk= n-1 (12-1 = 11) pada taraf signifikan α = 0.05 adalah dengan demikian thitung >ttabel (6.00> 2.201). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan passing drill dan wall pass terhadap hasil passing sepak bola pada atlet usia 12-14 tahun di SSB PSDK.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Copyright on articles is retained by the respective author(s) and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).