Pergeseran Nilai pada Remaja Tanah Bertuah Negeri Beradat di Desa Pulau Gambar Kabupaten Serdang Bedagai

Nanda Aprilianda, Muhammad Syahminan, Muhammad Syahminan, Rholand Muary, Rholand Muary

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pergeseran nilai pada remaja dan faktor yang menyebabkan pergeseran nilai pada remaja tanah bertuah negeri beradat di desa Pulau Gambar, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun rumusan masalah yaitu, bagaiman pergeseran nilai pada remaja dan faktor yang menyebabkan pergeseran nilai pada remaja di desa Pulau Gambar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang pergeseran nilai pada remaja tanah bertuah negeribberadat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwasanya remaja di desa Pulau Gambar mengalami pergeseran nilai dari tanah bertuah negeri beradat yaitu nilai berbudi pekerti yaitu nilai moral dari tingkah laku dan sikap yang menunjukan bahwa remaja sudah banyakmelakukan kenakalan seperti, tidak menghormati orang tua, suka berbohong, suka berkata kasar, mabuk-mabukan, tidak mengerjakan perintah Allah SWT dan bahkan berbuat kasar terhadap orang tua. Pergeseran nilai pada remaja di desa Pulau Gambar terjadi bukan hanya dirumah saja tetapi juga terjadi dan lingkungan masyarakat. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi pergeseran nilaipada remaja yaitu, perkembangan teknologi, kurangnya kontrol sosial masyarakat dan kurangnya kontrol dari orang tua.


Keywords


Remaja; Pergeseran Nilai; Faktor

Full Text:

PDF

References


Andayani, P. N. (2023). Metaetika Analisis Terhadap Sifat dan Asal-usul Nilai-nilai Moral dalam Filsafat. Literacy Notes, 1(2).

Bedagai, B. P. S. K. S. (2010). Serdang Bedagai Dalam Angka. Sei Rampah: BPS.

Emile, D. (1990). Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Fatmawati, I. Y., Puspitasari, T., & Zahro, N. A. D. S. (2023). Pergeseran Nilai Budaya Dalam Karnival HUT RI KE-78: PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL DI KECAMATAN WATES. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(7), 31–40.

Giddens, A. (2010). Metode sosiologi: Kaidah-kaidah baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanif, H. (2020). Komunikasi lemah Lembut dalam Studi Hadits. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 45–58.

Hatu, R. (2011). Perubahan sosial kultural masyarakat pedesaan (Suatu tinjauan teoritik-empirik). Jurnal Inovasi, 8(04).

Hilmi, M. Z. (2015). Nilai-nilai kearifan lokal dalam perilaku sosial anak-anak remaja di desa sepit kecamatan keruak kabupaten lombok timur. JESS (Journal of Educational Social Studies), 4(1).

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Murjani, M. (2022). Pergeseran Nilai-Nilai Religius Dan Sosial Di Kalangan Remaja Para Era Digitalisasi. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(1), 1–18.

Prastiyo, E. B. (2018). Pergeseran norma sosial pada remaja: Studi pada remaja di kota Tanjungpinang. Jurnal Sosiologi Reflektif, 12(2), 381–394.

Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61–71.

Soekanto, S. (1982). Sosiologi: suatu pengantar.

Suwarsono, S., & Alvin, Y. (1994). Perubahan sosial dan pembangunan. (No Title).

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).

Yolanda, C., & Fatmariza, F. (2019). Pergeseran Nilai-nilai Moral Masyarakat dan Implikasinya Terhadap Moralitas Remaja di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Civic Education, 2(2), 182–189.




DOI: https://doi.org/10.24114/jas.v21i1.53958

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Antropologi Sumatera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Antropologi Sumatera

ISSN: 1963-7317 (  Printed  )

ISSN: 2597-3878 (Electronic)

Universitas Negeri Medan