PENYUSUNAN DOKUMEN PENAWARAN PADA PROSES PELELANGAN UMUM (TENDER) PEKERJAAN KONSTRUKSI

Clara Apriani Siringoringo, Putri Lyanna A Luthan

Abstract


ABSTRAK

Dokumen  penawaran adalah dokumen yang disampaikan oleh penyedia barang/ jasa sebagai pemenuhan persyaratan sebagaimana diterapkan dalam dokumen pengadaan atas suatu kegiatan pemilihan penyedia barang/ jasa. Oleh karena itu, dokumen penawaran merupakan salah satu pemenuhan syarat pemilihan penyedia jasa yang baik. Penyusunan dokumen penawaran yang baik dan efisien, bukanlah pekerjaan yang mudah. Sangat diperlukan ketekunan, ketelitian dalam menyelesaikannya. Proses penyusunan dokumen penawaran membutuhkan dasar-dasar penyusunan dokumen penawaran yang jelas dan rasional. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses  penyusunan dokumen penawaran yang diharapkan mampu membantu peserta lelang dalam menyelesaikan sebuah dokumen penawaran yang efektif.

Metode pengumpulan data yang digunakan dengan kajian literatur yaitu dengan menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang dikaji. Adapun sumber-sumber yang dihimpun yaitu berasal dari buku, jurnal, peraturan terkait dengan penyedia barang dan jasa.

Berdasarkan penulisan ini diketahui bahwa penyusunan dokumen penawaran sesuai pada peraturan yang berlaku. Tahap-tahap penyusunan dokumen penawaran meliputi mempelajari rencana kerja dan syarat-syarat, mengikuti aanwijzing, mempelajari aanvouling, membuat jadwal kerja penyusunan dokumen penawaran, membagi tugas, membuat surat permohonan, menghitung rencana anggaran biaya, mengumpulkan dokumen-dokumen perusahaan, menyusun dokumen penawaran, melakuan pengecekan kelengkapan dokumen penawaran, melengkapi kekurangan dokumen penawaran, melakukan pengecekan ulang dokumen penawaran, dan menggandakan serta menjilid dokumen penawaran. Adapun bentuk surat dokumen penawaran yaitu surat penawaran, surat kuasa, surat perjanjian kemitraan/ kerja sama operasi, dokumen penawaran teknis,formulir rekapitulasi perhitungan TKDN (Tingkat Komponen dalam Negeri), dokumen pendukung seperti (daftar barang yang diimpor, pra RK3K (Rencana Kesehatan dan Keselamatan Kerja), bentuk analisa teknis satuan pekerjaan, bentuk analisa harga satuan pekerjaan), surat jaminan penawaran, pakta integritas, dan formulir isian kualifikasi.

 

Kata kunci: Beton, Sika Viscocrete-10, Kuat tekan beton


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3882 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.