PENGARUH PENAMBAHAN SIKA VISCOCRETE – 10 TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL

Astomo Arbi Nadaek, Ronald Butar- butar

Abstract


 

ABSTRAK

Berbagai penelitian dan percobaan dibidang beton dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas beton, teknologi bahan dan teknik-teknik pelaksanaan yang diperoleh dari hasil penelitian dan percobaan tersebut dimaksudkan untuk menjawab tuntutan yang semakin tinggi terhadap pemakaian beton serta mengatasi kendala-kendala yang sering terjadi pada pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan beton adalah meningkatkan pemadatannya. Penggunaan bahan tambah (admixture) dapat membantu memecahkan permasalahan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan Sika Viscocrete-10 terhadap kuat tekan beton. Dalam penelitian ini mix design menggunakan metode SK.SNI.T-15-1990-3 dengan  nilai FAS 0,9. Dengan agregat yang digunakan gradasi agregat halus daerah II dan agregat kasar ukuran maksimum 40 mm. Variasi penambahan Sika Viscocrete-10 sebesar 0%, 2,5%, dan 5% dari berat semen. Benda uji yang digunakan berupa kubus dengan ukuran 15 cm x 15 cm x 15 cm sebanyak 9 buah dengan 3 buah sampel untuk setiap variasi.

Dari hasil penelitian nilai slump yang dihasilkan oleh beton menggunakan Sika Viscocrete-10 lebih besar dari pada beton normal, dimana nilai slump rata – rata diperoleh setiap benda uji menggunakan Sika Viscocrete-10  dengan persentase penambahan sebesar 0%, 2,5%, dan 5% yakni berturut – turut 10 cm, 18 cm, dan 23 cm. Dan nilai kuat tekan yang dihasilkan oleh beton menggunakan Sika Viscocrete-10 lebih besar dari pada beton normal, dimana nilai kuat tekan diperoleh setiap benda uji menggunakan Sika Viscocrete-10  dengan persentase penambahan sebesar 0%, 2,5%, dan 5% yakni berturut – turut 20,1 MPa, 24,0 MPa, dan 31,9 MPa.

 

Kata kunci: Beton, Sika Viscocrete-10, Kuat tekan beton

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 359 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.