Peranan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Pelayanan Publik

Rosdiana Rosdiana, Indri Syahfitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan diklat pelayanan prima dalam meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik di Kantor Camat Medan Helvetia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah petugas front liner yang telah mengikuti diklat pelayanan prima tahun 2012 dan 2015, pimpinan dari petugas front liner, dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari petugas front liner  yang diteliti. Data yang di peroleh dalam penelian ini di ukur menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan  reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa diklat pelayanan prima berperan dalam meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik seperti mampu berkomitmen dengan menunjukan sikap lebih mengutamakan masyarakat, melakukan evaluasi pada setiap program pekerjaan. Petugas front liner mampu bersikap konsisten dan dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat. Petugas front liner sudah menggunakan sistem efektif dan efisien, mengaplikasikan materi diklat kedalam pekerjaan, mampu mengoperasikan alat-alat pendukung pekerjaan, menerapkan sistem 3S (senyum, salam, sapa) pada saat memberikan pelayanan, bersikap ramah dan sopan santun baik dalam penampilan maupun perkataan. Kesimpulan hasil analisis data diperoleh bahwa pendidikan dan pelatihan (diklat) pelayanan prima sangat berperan dalam meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik dalam melayani masyarakat di Kantor Camat Medan Helvetia.

Full Text:

PDF

References


Alfian, dkk. 2014. Undang-Undang tentang Pelayanan Publik dan Keterbukaan Informasi Publik. Yogyakarta: Saufa.

Daryanto dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Gava Media.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, Melayu SP. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan Kesembilan. Jakarta: Gunung Agung.

Kirom, Bahrul. 2010. Mengukur kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Lembaga Administrasi Negara. 2012. Modul Diklat Pelayanan Publik. Jakarta : Pusdiklat SPIMNAS Bidang Teknik Manajemen dan Kebijakan Pembangunan.

Martoyo, Susilo. 2001.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE UGM.

Moenir, H.A.S. 2002. Manajemen Pelayanana Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Penyelenggara. 2012. Laporan Penyelenggaraan Diklat Pelayanan Prima Bagi Aparatur Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun Anggaran 2012. Medan: Kantor Pendidikan dan Pelatihan kota Medan.

Penyelenggara. 2013. Laporan Penyelenggaraan Diklat Pelayanan Prima Bagi Aparatur Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun Anggaran 2013. Medan: Kantor Pendidikan dan Pelatihan kota Medan.

Penyelenggara. 2015. Laporan Penyelenggaraan Diklat Pelayanan Prima Bagi Aparatur Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun Anggaran 2015. Medan: Kantor Pendidikan dan Pelatihan kota Medan.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v1i1.12707

Article Metrics

Abstract view : 635 times
PDF - 447 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.