Upaya Pengelola Dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat Di Taman Bacaan Masyarakat Cellpower Indonesia

Anifah Anifah, Boy Manalu

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat baca masyarakat di sekitar Taman Bacaan CellPower Indonesia dapat dikatakan masih rendah. Hal tersebut dapat terjadi karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti dan mengetahui tentang keberadaan dan manfaat TBM itu sendiri diadakan. Keadaan yang terjadi sekarang ini masyarakat kurang antusias untuk berkunjung dan membaca di Taman  Bacaan Masyarakat (TBM). Penelitian bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan upaya pengelola dalam peningkatan minat baca masyarakat di TBM CellPower Indonesia Kec. Medan Polonia Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informan yaitu pengelola 1 orang, tutor 1 orang dan 2 orang pengunjung TBM CellPower Indonesia. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi, dan dianalisis dengan langkah: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola yang berada di TBM CellPower Indonesia Kota Medan, dalam menumbuhkan minat baca masyarakat yang berkunjung ke TBM CellPower Indonesia melakukan tindakan seperti, menyediakan buku-buku ataupun bahan bacaan yang lengkap bagi para pengunjung mulai dari bahan bacaan yang berbau pendidikan, pengetahuan umum, kesehatan, serta surat kabar. Menyediakan tempat membaca/ ruang baca yang aman dan nyaman, menambah kegiatan/program tambahan untuk menambah daya tarik pengunjung untuk membaca berupa lomba baca buku, bazar, pentas seni musik, bulan berbagi buku, memberikan informasi kepada pengunjung ataupun masyarakat serta menambah waktu berkunjung.

Full Text:

PDF

References


Hatimah, Sadri. 2008. Pembelajaran Berwawasan kemasyarakatan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Arti Membaca.

Manullang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Medan: Citapustaka

Moleong. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahim F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara

Saddhono, Slamet. 2012. Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia, Bandung: CV. Karya Putra Darwati.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta,CV.

Susanto A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara

Sudirman. 2012. Manajemen Pelatihan, Medan: Unimed Press

Wau Y. 2014. Profesi Kependidikan, Medan: Unimed Press




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v1i1.12711

Article Metrics

Abstract view : 449 times
PDF - 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.