Perbedaan Motivasi Belajar Antara Mahasiswa Yang Indekos Dengan Mahasiswa Yang tInggal Bersama Orang Tua

Abraham Lincoln, Sudirman Sudirman

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah Adakah perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa yang indekos dengan mahasiswa yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar  antara mahasiswa yang indekos dengan mahasiswa yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 mahasiswa, yang terdiri dari 47 mahasiswa yang indekos dan 9 mahasiswa yang tinggal bersama orang tua. Teknik analisa data digunakan dengan mencari perbedaan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa yang indekos dengan mahasiswa yang tinggal bersama orang tua. Nilai motivasi belajar untuk mahasiswa yang indekos adalah 2,85, sedangkan nilai motivasi belajar untuk mahaiswa yang tinggal bersama orang tua lebih tinggi yaitu 2,94. Tingkat signifikansi perbedaan didapat sebesar 0,416 yang dikategorikan agak rendah.

Kata Kunci: motivasi belajar, mahasiswa, indekos, orang tua


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amir, M, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

A.M, Sardiman. 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimiyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali, Muljono Pudji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Jareonsettasin, Teerakiat. 2002. Menjadi Orang Tua yang Baik. Jakarta: Yayasan Sri Satya Sai Indonesia.

Lumban, Gaol, N.T. 2011. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Keberhasilan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Kota Medan. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Medan.

Marzuki, M.S. 2010. Pendididikan Non Formal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Petersen, Lindy. 2008. Bagaimana Memotivasi Anak Belajar. Jakarta: Grasindo.

Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, Ngalim. 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sinaga, Benni, dkk. 2012. Goresan Anak Negeri Jeritan Pendidikan. Medan: Mitra

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Uno, B, Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman. Akbar. 2003. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori-Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v1i2.14370

Article Metrics

Abstract view : 670 times
PDF - 570 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.