Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Melayu Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun Di Paud Cendana Kecamatan Pantai Labu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui budaya melayu pada anak usia dini 4-6 tahun di PAUD Cendana Kec. Pantai Labu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh tutor PAUD Cendana yang berjumlah 5 orang, penulis menjadikan tutor sebagai subjek karena mengingat usia anak yang berumur 4-6 tahun. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kegiatan kelompok belajar di PAUD Cendana kecamatan Pantai Labu baik dari pendidik/tutor maupun peserta didik telah mengimplementasikan pendidikan karakter melalui budaya melayu seperti ; (1) Nilai religius, (2).Jujur, (3).Disiplin, (4).Mandiri, (5).Semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karekter melalui budaya melayu di PAUD Cendana Kecamatan Pantai Labu dinyatakan berhasil dalam menerapkan pendidikan karakter melalui budaya melayu.
Full Text:
PDFReferences
Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I 2010.Model Penyelenggaraan Kelompok Bermain dalam Membangun Karakter Anak Melalui Budaya Lokal. Medan : Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Madya Duta.
Hadiyati, N. 2011.Kebudayaan Melayu dalam (http://pointofauthorities.blogspot.Com/2011/11/Kebudayaan-melayu.html, diakses 14 November 2011).
Gutami. 2010. Pendidikan Karakter pada PAUD, dalam (http: // www.pendidikan Karakter.pdf, diakses 20 November 2011).
Koentjaraningrat. 1976. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta : Djambatan.
Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter :Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta : Grasindo
Kahl, J.A. 1968. The Measurement of Modernism.A Study of Values in Brasil and Mexico, Austin, University of Texas Press.
Megawangi, Ratna. 2008. Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter dalam (http://pustaka.ut.ac.id/Pdfartikel/TlG101.pdf, diakses 20 Julu 2011 Pukul 11.20 WIB).
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional). Jakarta : Bumi Aksara.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter (Integrasian 18 nilai Pembentuk karakter dalam Mata Pelajaran). Yogyakarta : Familia (Grup Relasi Inti Media).
Pusat Kurikulum. 2009. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Yogyakarta : Pedoman Sekolah
Prayitno, dkk. 2010. Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa . Jakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Santoso, Soegeng. 2009. Dasar-dasar Pendidikan TK. Jakarta : Universitas Terbuka.
Simanjuntak, Bungaran. A.2010. Melayu Pesisir dan Batak Pegunungan (Orientasi Nilai Budaya).Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v1i2.14753
Article Metrics
Abstract view : 853 timesPDF - 438 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.