Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Produk
Abstract
Keberhasilan dalam sebuah pemberdayaan dapat dilihat dari antusias serta partisipasi masyarakat dalam mencapai tujuan dari berbagai kegiatan pelatihan ataupun proses pembelajaran. Sebuah tanggung jawab yang menuntut fasilitator pembangunan masyarakat adalah menginformasi dan mengkomunikasikan inovasi, dalam rangka pemberdayaan masyarakat agar lebih berdaya, mampu melaksanakan, dan menerapkan nilai-nilai sosial. Penelitian kualitatif dilakukan di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, bertujuan meningkatkan kemampuan pemasaran sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat desa yang memiliki potensi produk olahan emping. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dianalisis, penelitian ini menunjukkan kemajuan penting dalam menghasilkan produk olahan emping yang baik sehingga dapat dipasarkan ke berbagai wilayah, tidak hanya dilingkungan desa. Selain mengidentifikasi masalah, dan penerapan pemberdayaan masyarakat, penelitian ini juga memberikan rekomendasi bahwa pemasaran sebagai hal yang penting untuk memperoleh keuntungan yang signifikan dalam penjualan produk. Dengan mengetahui teknik, strategi, bauran pemasaran yang tepat akan menghasilkan benefit, laba dan keuntungan yang diharapkan.
Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, Pengabdian masyarakat, Kemampuan pemasaran
Full Text:
PDFReferences
Amstrong, K. and. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (1 ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Fujikake, Y. (2008). Qualitative Evaluation: Evaluating People’s Empowerent. Journal of Evaluation Studies, Japan Evaluation Society, 8(2), 25–37.
Harahap, F. I. N. (2019). Empowerment On Climate Change: How Community Based Organizations Serving In Growing participation from society. Journal of Millennial Community, 1(1), 22.
Ife, J. (2015). Altenatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamaris. (2016). Pendidikan luar sekolah dan kompetensi pendampingan pendidikan masyarakat desa. In Seminar Nasional : Kompetensi Pendampingan Pembangunan Desa (hal. 6). Padang.
Keller, K. &. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sastropoetro, S. (1986). Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Penerbit Alumni.
Soebijanto, F., Kunto, Y. S. (2013). Analisa Efektiftas Program Promosi Top Gandola Kopi Kapal Api Ditinjau dari Peningkatan Ekuitas Merek dan Minat Beli (Studi Kasus di PT Fastrata Buana Surabaya). Jurnal Managemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–8.
Suadnyana, I. wayan sui, Gede, I., & Setiawan adi putra, I. made sarjana. (2019). S trategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Jiwa Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Dusun Langkan, Desa Landih, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. E - Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 8(1).
Sumodiningrat, G. dan A. W. (2016). Membangun Indonesia dari Desa: Pemberdayaan Desa sebagai Kunci Kesuksesan Pembangunan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Yogyakarta: Media Pressindo.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.16866
Article Metrics
Abstract view : 2619 timesPDF - 1292 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.