Puah Manus sebagai Sarana Pembelajaran Masyarakat Suku Timor, Nusa Tenggara Timur

Nirwaning Makleat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai-nilai pembelajaran yang terkadung dalam tradisi puah manus  masyarakat suku Timor, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografis dengan subyek penelitian terdiri dari tokoh adat dan masyarakat suku Timor, Nusa Tenggara Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Keabsahan data penelitian menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puah manus sebagai tradisi turun temurun mengandung nilai-nilai pembelajaran informal dan non formal bagi masyarakat suku Timor, Nusa Tenggara Timur. Nilai-nilai pembelajaran tersebut antara lain 1) belajar menghargai orang lain melalui kebiasaan menyambut tamu dengan menyuguhkan puah manus; 2) belajar bertutur kata yang baik dan bersikap sopan santun saat berbicara dengan orang lain melalui kebiasaan menyuguhkan puah manus sebagai “alas mulut”; 3) belajar mempererat ikatan tali persaudaraan tanpa mengenal adanya perbedaan melalui kebiasaan mamah puah manus (mengunyah sirih pinang); 4) belajar memecahkan masalah melalui tradisi puah manus

 

Kata kunci: puah manus, suku Timor

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Abdullah Irwan. (2010). Konstruksi & Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, Jhon W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desai Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fenwick, T.J. (2003). Learning Through Experience: Troubling Orthodoxies and Intersecting Questions. Florida: Krieger Publishing Company Malabar.

Illeris, K. (2004). The Three Dimensions of Learning. Florida: Krieger Publishing Sompany.

Mezirow, J. & Associetes. (2000). Learning as Transformation. San Fransisco: Jossey-Bass.

Nainggolan, E. E., Nainggolan, E., Susanti, S., Silitonga, M. D., & Irwan, M. (2019, December). Community Participation within the Implementation of the Senior High School Equality Education Program in PKBM Cahaya. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Atlantis Press.

Parsudi Suparlan. (1975). Kebudayaan Timor. Dalam Koentjaraningrat (Eds). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta Pusat: Djambatan

Tallo, P.A. (1990). Okomama Simbol Pendekatan Masyarakat di Timor, tidak diterbitkan, Bupati Kepala Daerah Tingkat II Timor Tengah Selatan, Kota Soe




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.17195

Article Metrics

Abstract view : 535 times
PDF - 536 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.