Pelatihan Pengenalan Alfabet bagi Guru PAUD di Samigaluh Kulonprogo
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.17215Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru PAUD dalam mengenalkan alphabet dengan memanfaatkan sumber belajar sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tahapan perumusan masalah, perencanaan, implementasi tindakan, dan refleksi. Tindakan berupa pemberian pelatihan kepada para 19 guru PAUD di Samigaluh, Kulonprogo. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dan dianalisis secara kualitatif yaitu direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan. Teknik keabsaha data dilakukan dengan pengamatan perpanjangan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan kepada kelompok sasaran memberikan dampak positif. Pendidik memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengenalkan alfabeth kepada anak dengan metode dan media yang menyenangkan. Guru mampu membuat dan mengkreasikan media belajar dengan sumber-sumber alam yang ada disekitar.Kata Kunci: pelatihan, alfabet, paudReferences
Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD). Yogyakarta. Diva
Press
Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di
Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Arif Sadiman, dkk. (2016). Media Pendidikan,
Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Suhartono. (2005). Perkembangan bicara
anak usia dini. Jakarta: Dinas
Pendidikan Nasional Direktorat
Jendral Perguruan Tinggi
Sujiono, N. Y. (2013). Konsep dasar
pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT
Ideks
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Millennial Community

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.