Pelatihan Pengenalan Alfabet bagi Guru PAUD di Samigaluh Kulonprogo

Fitta Ummaya Santi, Alif Nurrahman, Tri Wahyuni, Neneng Thoyyibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru PAUD dalam mengenalkan alphabet dengan memanfaatkan sumber belajar sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tahapan perumusan masalah, perencanaan, implementasi tindakan, dan refleksi. Tindakan berupa pemberian pelatihan kepada para 19 guru PAUD di Samigaluh, Kulonprogo. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dan dianalisis secara kualitatif yaitu direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan. Teknik keabsaha data dilakukan dengan pengamatan perpanjangan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan kepada kelompok sasaran memberikan dampak positif.  Pendidik memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengenalkan alfabeth kepada anak dengan metode dan media yang menyenangkan. Guru mampu membuat dan mengkreasikan media belajar dengan sumber-sumber alam yang ada disekitar.

Kata Kunci: pelatihan, alfabet, paud


Full Text:

PDF

References


Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak

Usia Dini (PAUD). Yogyakarta. Diva

Press

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di

Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Arif Sadiman, dkk. (2016). Media Pendidikan,

Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada

Suhartono. (2005). Perkembangan bicara

anak usia dini. Jakarta: Dinas

Pendidikan Nasional Direktorat

Jendral Perguruan Tinggi

Sujiono, N. Y. (2013). Konsep dasar

pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT

Ideks

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.17215

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 294 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.