Pelatihan Pengenalan Alfabet bagi Guru PAUD di Samigaluh Kulonprogo

Authors

  • Fitta Ummaya Santi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Alif Nurrahman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Tri Wahyuni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Neneng Thoyyibah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.17215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru PAUD dalam mengenalkan alphabet dengan memanfaatkan sumber belajar sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tahapan perumusan masalah, perencanaan, implementasi tindakan, dan refleksi. Tindakan berupa pemberian pelatihan kepada para 19 guru PAUD di Samigaluh, Kulonprogo. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dan dianalisis secara kualitatif yaitu direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan. Teknik keabsaha data dilakukan dengan pengamatan perpanjangan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan kepada kelompok sasaran memberikan dampak positif.  Pendidik memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengenalkan alfabeth kepada anak dengan metode dan media yang menyenangkan. Guru mampu membuat dan mengkreasikan media belajar dengan sumber-sumber alam yang ada disekitar.Kata Kunci: pelatihan, alfabet, paud

References

Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak

Usia Dini (PAUD). Yogyakarta. Diva

Press

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di

Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Arif Sadiman, dkk. (2016). Media Pendidikan,

Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada

Suhartono. (2005). Perkembangan bicara

anak usia dini. Jakarta: Dinas

Pendidikan Nasional Direktorat

Jendral Perguruan Tinggi

Sujiono, N. Y. (2013). Konsep dasar

pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT

Ideks

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

Downloads

Published

10-03-2020

How to Cite

Santi, F. U., Nurrahman, A., Wahyuni, T., & Thoyyibah, N. (2020). Pelatihan Pengenalan Alfabet bagi Guru PAUD di Samigaluh Kulonprogo. Journal of Millennial Community, 2(1), 33–37. https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.17215

Issue

Section

Articles