Pengembangan Kompetensi Guru dalam Membuat Pola Digital dengan menggunakan CAD System

Authors

  • Nurhijrah Nurhijrah Universitas Negeri Makassar
  • Nasrah Natsir Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.18623

Abstract

Pengembangan kompetensi guru dalam membuat pola digital dengan menggunakan CAD System bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru SMK Tata Busana dalam membuat pola digital dengan menggunakan CAD System, metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian pengembangan (R&D) dan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation dengan subjek uji coba adalah guru SMK Tata Busana Se-Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru SMK Tata Busana dalam membuat pola dengan melihat peningkatan dalam setiap indikator penilaian yang rata-rata berada pada kriteria sangat kompeten setelah melakukan pretest dan postest.

References

Cahyana, Ade. (2010). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(1), 85-91.

Kartowagiran, Badrun. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXX (3), 463-473.

Musfah, Jejen. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Laidiah dkk, Arfah. (2017). Menguasai software CAD Pattern Making. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah dan Kejuruan.

Salirawati, Das. (2008). Spesialisasi Materi Ajar sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru, Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXVII (3), 232-240.

Suparman, Atwi. (2012). Desain instruksional Moderen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan dosen. (2014). Jakarta: Sinar Grafika.

Downloads

Published

20-03-2020

How to Cite

Nurhijrah, N., & Natsir, N. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Membuat Pola Digital dengan menggunakan CAD System. Journal of Millennial Community, 2(1), 38–44. https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.18623

Issue

Section

Articles