Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Bagi Tutor Keaksaraan Di Kabupaten Wonogiri

Tristanti Tristanti, Sujarwo Sujarwo, Suharta Suharta

Abstract


Kegiatan pelatihan pembelajaran inovatif bagi tutor keaksaraan  merupakan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran tutor dalam pengemabnagan metode pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk 1) memberikan pemahaman kepada tutor keaksaraan akan pentingnya pembelajaran inovatif,  2) memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada tutor kekasaraan dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif. Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan diawali dengan analisis kebutuhan, penetapan materi, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap 25 orang yutor keaksaraan. Metode kegiatan meliputi ceramah, tanya jawab dan diskusi Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 1) tutor keaksaraan memiliki pengetahuan dalam pembelajaran inovatif yaitu metode PAKEM dan pembelajaran berpusat pada warga belajar, 2) tutor keaksaraan mampu mempraktekkan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran di masyarakat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v2i2.19573

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Millennial Community

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index