Kompetensi Tutor Dan Manajemen Pendidikan Pada PKBM Hanuba Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran

Jubaidah Hasibuan

Abstract


Kompetensi yang dimiliki oleh pendidik atau tutor di PKBM Hanuba belum seutuhnya ada didalam diri mereka, masih adanya tutor yang mengajar tidak sesuai dengan bidangnya membuat transfer of knowledge dan penguasaan materi kurang maksimal dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kesenjangan antara teori profesi kependidikan dengan profesi tutor di PKBM Hanuba; 2) bagaimana penerapan 4 kompetensi pendidik pada setiap tutor PKBM Hanuba; dan 3) bagaimana sistem manajemen pendidikan pada PKBM Hanuba. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di PKBM Hanuba Kota Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data

Full Text:

PDF

References


Adrianto,Lambok Amran. (2010). Kinerja Tutor Dalam Proses Pembelajaran Paket C. Vol. 5, No. 2. Hlm 120-134.

Bachtiar,M Yusri. (2016). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Vol. 6, No. 3. Hlm 196-202.

Fadhilah,dkk.(2014).Manajemen Kesiswaan pada Madrasah Tsnawiyah Negeri Cot Gue Kabupaten Aceh Besar. Vol. 2, No. 1. Hlm 89-96.

Fitria,Bella Okta,dkk. (2014). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Hanizar, Dewi Siti,dkk. (2014). Pengelolaan Program Pusat kegiatan Belajar Masyarakat. Vol. 3, No. 11. Hlm 1-13.

Hardjono, dkk. (2016). Model Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasis Life Skills dan Kewirausahaan. Vol. 1, No. 2. Hlm 1-14.

Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 1, 2019. Hlm 138-147.

Komariah,N. Jurnal Al-Afkar. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Vol. 6, No.1, Hlm 67-94.

M.Feralys Novauli. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Vol. 3, No.1, Hlm 45-67.

Muzaqi,Moh.dkk. (2008). Analisis Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan Program Paket B di Provinsi Jawa Timur. Vol. 3, No.1, Hlm 5-15.

Nasbi,Ibrahim. (2017). Manajemen Kurikulum : Sebuah Kajian Teoritis. Vol. 1, No.2, Hlm 318-330.

Nasrudin,dkk. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran di SD. Vol. 13, No.1, Hlm 15-23.

Irwan, M. (2017). Evaluasi Program Pelatihan Pengolahan Limbah Kertas Semen pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Kota Binjai. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 121-132.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v2i2.21192

Article Metrics

Abstract view : 478 times
PDF - 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.