Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Nusa Cendana

Nirwaning Makleat, Frans Selly, Samrid Neonufa

Abstract


Penyebaran wabah Virus Corona Diseaces 2019 (Covid-19) membuat Pemerintah dan semua stakeholder berpikir keras dalam penanganannya. Khusus dalam bidang pendidikan, salah satu solusi yang ditawarkan yakni penerapan pembelajaran daring (online learning/e-learning). Hal ini jelas menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi mahasiswa yang mungkin masih belum familiar dengan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Dengan mengetahui pendapat mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran daring maka selanjutnya dapat dijadikan acuan dalam pengembangan pembelajaran daring secara berkelajutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran onine telah memberikan dampak yang cukup relevan terhadap pentingya pengausaan dan penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Tantangan pembelajaran online lebih bersifat teknis, seperti terkait dengan bahan ajar, kondisi lingkungan dan interaksi dalam proses pembelajaran. Terpenulinya aspek-aspek tersebut dapat mendukung dan membentuk mahasiswa dalam menghadapi kuatnya arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra Jurnal, 10(2), 105– 110. https://doi.org/2579-3438

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. Retrieved from http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan XIII. Jakarta. Rineka Cipta

Azwar S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. (2012). Design and Evaluation of Student-Focused eLearning. Electronic Journal of E-Learning, 10(1), 1–2.

Bonk, S. ., Magjuka, C. ., Liu, R. ., & Lee, S. (2005). The Importance of Interaction in Web Based Education: A Program Level Case Study of Online MBA Courses. Journal of Interactive Online Learning, 4(1), 1–19.

Briando, B., & Embi, M. A. (2020). Work Ethic Principles of State Civil Apparatus in The Ministry of Law and Human Rights of The Republic of Indonesia. International Journal Advanced Science and Technology, 29(7 Special Issue), 2770–2782.

Fortune, M. ., Spielman, M., & Pangelinan, D. .(2011). Student;s Perception of Online or Face to face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, pp. 1– 10. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Jannah, F., 2013, Pendidikan Seumur Hidup Dan Implikasinya: Dinamika Ilmu, Vol. 13. No. 1

Lin, E., & Lin, C. . (2015). The Effect of Teacher-Student Interaction on Students Learning Achievement in Online Tutoring Environment. International Journal of Technical Research and Application, 22(22), 19– 22.

Moore, J. ., Dickson, D. ., & Galyen, K. (2011). E-Learning, Online learning, and Distance Learning Environemnet: Are They The Same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Swan, K. (2002). Building Learning Communities in Online Courses: the importance of interaction. Education, Communication & Information. https://doi.org/10.1080/14636310220 00005016




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v3i1.24080

Article Metrics

Abstract view : 399 times
PDF - 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.