Hubungan Gaya Komunikasi Orang Tua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Di Desa Manalu Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara

Fauzi Kurniawan, Vionald S.D

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode kolerasi dengan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui “Hubungan Gaya Komunikasi Orang Tua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Di Desa Manalu Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utaraâ€. Dengan menggunakan records kuantitatif yaitu jenis records yang berbentuk angka jumlah keluarga yang mempunyai keturunan lebih dari 1 (satu) anak dan anak tersebut berada di usia remaja 10-15 tahun berjumlah adalah 30 orang. Dari hasil records dimana jumlah anak yang berusia 10-15 tahun laki-laki 13 dan perempuan 17 jiwa. Berdasarkan hasil penelitian untuk menguji keberartian koefisien korelasi diperoleh dengan menggunakan uji t hasil dari perhitungan diketahui taraf signifikansi 5% dan dk = n-2 yaitu 30-2 = 28, maka diperoleh t hitung > t tabel yaitu hasil perhitungan t hitung > t tabel yaitu 3.963 > 2.048. Artinya gaya komunikasi orang tua terhadap sibling contention sangat berhubungan terjadinya sibling contention pada remaja Di Desa Manalu Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara.

Full Text:

PDF PDF

References


Masalah dalam penelitian ini adalah gaya komunik asi orang tua dengan sibling contention yang merupakan kecemburuan, persaingan dan pertengkaran antara saudara kandung baik terjadi pada laki-laki atau perempuan tidak hanya dialami pada masa anak-anak, namun j




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v3i1.25539

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 19 times PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Millennial Community

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index