Strategi Pendidik Paud Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4 - 5 Tahun Di PAUD Pelita Hidup Medan Denai

Anifah Anifah, Priscillia Octavia Marpaung, Vidya Dwi Amalia Zati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidik PAUD dalam mengembangkan kreatifitas anak usia 4-5 Tahun di PAUD Pelita Hidup Medan Denai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 3 pendidik antara lain kepala Sekolah yang merangkap sebagai pendidik dan 2 pendidik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, penerikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan strategi mengajar pendidik di PAUD Pelita Hidup Medan Denai dalam mengembangkan kreativitas anak dini sudah baik. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa ini dari perubahan pembelajaran, pengembangan dan mutu dan pengetahuan pendidik tergantung pada kualitas dan tingkat kemampuan, dan itu semua dapat terwujud apabila strategi mengajar pendidik diterapkan dan dikembangkan dengan baik dalam proses kegiatan belajar mengajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, Bahri. 2010. Jakarta : Rineka Cipta.

Hardini, Isriani. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, konsep dan Implementasi). Yogyakarta : Familia (Group Relasi Inti Media).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta Gramedia.

Masitoh, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Moleong J, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 1992. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.

Nasriah. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini. Medan : Bahan Ajar PGTK FIP Unimed.

Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2010. Tentang Standart Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmawati, Shinta (Ed). 2001. Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif. Jakarta : Kompas.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Prenada Media Group. RI. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikanNasional. Jakarta : CV. Eka Jaya.

Roestiyah. 1991. Strategi Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya,Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : KencanaPrenada Media Group. Santi,

Danar. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini antara Teori dan Praktek. Jakarta : Indek.

Satiadarma, Monty P. dan Fidelis E. Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta : Pustaka Populer Obor.

Sihombing, U. 2000. Pendidikan Luar Sekolah,Manajemen Strategi, Konsep,Kiat dan Pelaksanaan. Jakarta : P.D. Mahkota. Sudjana. 2006. Metode Statistik. Bandung : PT.

Rosdakarya. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Dedi. (1994). Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK.Bandung : Alfabeta.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Yamin, Martimis dan Maisah. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran). Jakarta : Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v3i1.26442

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.