Optimalisasi Peranan LKP Dalam Membentuk Komunitas Wirausahawan Melalui Model Pelatihan Kewirausahaan

Betania Theresa, Chiara Emi, Debby Viviyanti

Abstract


Penelitian ini memuat tentang optimalisasi peranan Lembaga Kursus dan Pelatihan dalam pembentukan komunitas wirausahawan meningkatkan mutu para peserta pelatihan dan meningkatkan mutu serta membentuk komunitas wirausaha. Penulisan ini menggunakan metode tudi pustaka yang didasarkan atas hasil studi terhadap berbagai literatur yang telah teruji validitasnya berhubungan satu sama lain, relevan dengan kajian tulisan serta mendukung uraian atau analisis pembahasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peranan LKP dalam membentuk sebuah komunitas wirausahawan melalui model pelatihan kewirausahaan. Hasil dari penelitian kajian literature ini didapati bahwa dengan berbagai model program pelatihan ini membantu para peserta pelatihan memiliki keterampilan , keahlian sehingga mampu mengembangkannya ke dalam usaha dan bergabung dengan komunitas wirausaha yang disediakan oleh para penyelenggara program.


Full Text:

PDF

References


Adawiah, Rabiatul. 2012. Peranan Lembaga Kursus dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kabupaten Balangan.

Djauhari, Slamet. 2016. Pengaruh Dimensi Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelayanan Peserta Pada Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Di Kabupaten Wonogiri

Hadi, S. (2012). Evaluasi implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) program otomotif DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).

Hidayat, Dayat. 2017. Model Pelatihan Magang Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal

Jolly, A. (2015). Pengembangan Model Komunitas Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kewirausahaan: Studi pada “Komunitas Ojek” di kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nomor, I. (4). Tahun 1995 Tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan Dan Membudayakan Kewirausahaan.

Salamah, N. (2016). Pengelolaan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Nissan Fortuna Jepara (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sujianto, Alex. 2016. Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI) Untuk Penjamin Mutu LKP

Zam Zam Ali, Muhammad. 2012. Organisasi PNF harus mampu bersinergi dalam peningkatan kualitas lembaga kursus dan pelatihan, Artikel (Online) (http://hisppi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=52&Itemid=18, diakses, 28 Juli 2012)




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32330

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.