Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran

Isra Mirna Noventri, Juli Perawitan Pakpahan, Juli Wardani Pane, Lia Hutabarat

Abstract


Penciptaan wirausaha (entrepreneur) menjadi alternatif solusi atas berbagai masalah  di masyarakat seperti kemiskinan dan kesenjangan sosial, meningkatnya pengangguran usia  produktif dan menipisnya cadangan pasokan energi, yang kesemuanya menuntut adanya  tindakan kreatif dan inovatif. Kewirausahaan adalah orang-orang yang mampu mengubah  sebuah kesempatan menjadi sebuah usaha yang menghasilkan, yang diolah melalui kreatifitas,  inovasi dan keunikan dalam membuat suatu produk dan berani mengambil segala  kemungkinan resiko yang menyertainya serta tidak menjadikannya mudah putus asa jika  mengalami kegagalan dalam membangun usaha tersebut. Dalam hal ini penulis mengkaji  bahwa kewirausahaan turut berpartisipasi dalam pembangunan Negara, kewirausahaan  berbasis digital memanfaatkan teknologi yang semakin canggih, kewirausahaan berbasis  digital sebagai solusi dalam mengurangi tingkat pengangguran, banyaknya pengangguran di  Indonesia, kewirausahaan adalah sesuatu yang harus ditanamkan oleh para pemuda dan  masyarakat Indonesia.  


Full Text:

PDF

References


Clelland, David MC. (1961). Entrepreneur Behavior And Characteristics Of Entrepreneurs. The Achieving Society.

Hartanti. (2008). “Manajeme pengembangan kewirausahaan (entrepreneurship) siswa SMK 4 Yogyakara.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Kaufman, Bruce E. And L. Hotchkiss. (1999).The Economic Labor Markets. USA: Georgia State University

Sukirno, Sadono. (2006). Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Soekidjo, Notoatmodjo. (2003) .Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta

Anata, Firdaus, (2013), Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, PDRB Perkapita, Jumlah Penduduk dan Indeks Williamson Terhadap Ttingkat Kriminalitas(Studi pada 31 Propinsi di Indonesia tahun 2007 - 2012), Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

Aruan, Norman Luther dan D Sriyono.(2014).Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Tingkat Pengangguran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 1985- 2011. Yogyakarta : MODUS Vol.26 (2): 173-187,

Estiningsih, Wening. Zainal, Arifin, HM, (2014), Technoprenuership;Challenge For Entrepreneurship Educational Development in Indonesia, Forum Tahunan Pengembangan Iptek dan Inovasi Nasional IV, LIPI, Tahun (2014).

Herwin Moppanga, Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Tekhnologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo, Journal Trikonomika, Volume.14 no.1 TH.(2015)

Nia, Juliawati. (2018). Membangun Kewirausahaan: antara Digital Economy dan Human Economy

Siti Marti’ah, (2017). Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan. Jakarta. Jurnal Ilmiah Edutic . 3(2). 75-82

Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 4 Tahun 1995 Tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan (GNMMK)

Jamaludin, Fauzan. Ini tahapan-tahapan

Kementerian Komunikasi dan Informasi, kominfo (daring),, “Kominfo Luncurkan Gerakan Nasional 1000 Start Up Digital




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32339

Article Metrics

Abstract view : 2675 times
PDF - 2812 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.