Kepemimpinan Guru Di Laboratorium Teknik Jaringan Komputer Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Kreatif Siswa Smk

Imran Imran

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melalui pembelajaran pada laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), (2) bagaimana kepemimpinan guru dalam mengembangkan karakter kreatif siswa melalui pembelajaran pada laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu untuk memahami makna dibalik kegiatan pembelajaran yang nampak, untuk memahami interaksi guru dan siswa, untuk memahami perasaan guru dan siswa, untuk mengembangkan teori, dan untuk memastikan kebenaran data, Data dikumpulkan dengan metode studi observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis dengan langkah yang terstruktur yaitu mereduksi data, paparan/penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk kepemimpinan guru dalam pembelajaran di laboratorium teknik jaringan komputer (TKJ) untuk mengembangkan karakter disiplin siswa dapat terlihat dari metode pembiasaan, keteladanan, telling story, dan diskusi yang digunakan oleh guru laboratorium; (2) bentuk kepemimpinan guru dalam pembelajaran di laboratorium teknik jaringan komputer (TKJ) untuk mengembangkan karakter kreatif siswa terlihat dari metode pembiasaan, keteladanan, telling story, diskusi, dan simulasi yang digunakan guru laboratorium.


Full Text:

PDF

References


Agnes, 2013. Multicultural Character Building as an Alternative Assessment in Elt. ELTLT Conference Proceedings.

Ahmad Fatoni. 2017. The Strategy of Character Education in Globalization Era. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 6, Issue 04, April 2017.

Ahmadi, Abu. 2010. Strategi Pembelajaran.Penerbit Pustaka Setia.Bandung.

Amat Jaedun, Eka Purwaningsih, Fistian Novita, M. Alwan Wiranata. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Pada SMK Jurusan Bangunan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 1, Mei 2012.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Atieka 2014. Character Building of Students With

Counseling Services Approach. Journal of Guidance and Counseling.

Ayi Suherman, 2018. The Implementation of Character Education Values In Integrated Physical Education Subject In Elementary School. SHS Web of Conferences 42.

Ayi Suherman. 2018. The Implementation of Character Education Values in Integrated Physical Education Subject in elementary School. SHS Web of Conferences 42, 00045.

Byars, L.I and Leslie W., Rue, 2006. Human Resource Management: A Practical Approach, Harcourt Brace, New York.

Cassrud, A., & Branbarck, M. 2011. Entrepreneurial Motivations: What Do We Still Need to Know? Journal of Small Business Management, 49(1), 9-26.

D. Yahya, Khan, 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Dalam Lingkungan pendidikan Baik di Dalam Kelas Maupun di Lingkungan Sekolah. Yogyakarta: Jurnal Internasional Publishing.

David E Murray Tanya J. McGill Danny Toohey Nik Thompson. 2017. Can Learners Become Teachers? Evaluating the Merits of Student Generated Content and Peer Assessment. Journal Title: Issues in Informing Science and Information Technology. United States.

Dwi Fatmawati. 2012. Pengaruh Kreatifitas Guru dan Kelengkapan Fasilitas terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA DU I Jombang. Disertasi. Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibahim, http://lib.uin-malang.ac.id/

Eka, 2017. Revisiting Character Education from Islamic Perspective. Journal of Islamic Studies Published by Kulliyyah of Education, International Islamic University Malaysia.

Ella Masita. 2013. Curriculum in Education and Character Building Program in New Zealand Primary Schools. 2nd ELTLT Conference Proceedings, December 2013.

F.E. Freeks & G.A. Lotter, 2017. Waardes En Die Noodsaak Van ’N Karakter opvoedings program Binne Kollegeverband in Die Noord wesprovinsie: Verkenning En Voorlopige Voorstelle.

F.E. Freeks & G.A. Lotter. 2011. Values and the need for a character education programme within the college context in the North-West Province: exploration and preliminary proposals. Koers 76(3) 2011:577-598.

Fazel Ebrihiam Freeks. 2015. The influence of role-players on the character-development and character-building of South African college students. South African Journal of Education, Volume 35, Number 3, August 2015.

Frimadhona Syafri, Rini Susanti Wulandari. 2012. Storyline Approach as Enhancement Of Learning Foreign Language And Character Building At Elementary School. ELTL Conference Proceedings.

Ian B Puddey Email author, Annette Mercer, Sandra E Carr and William Louden, 2011 Potential influence of selection criteria on the demographic composition of students in an Australian medical school, Journal Title: BMC Medical Education, United Kingdom.

Idochi, Moch.Anwar.2010.Kepemimpinan Dalam Proses Pembelajaran. Penerbit Angkasa. Bandung

Iis Nurasiah, Din Azwar Uswatun, Arsyi Rizqia Amalia. 2017. Building Character and Literacy Skills of Primary School Students Through Puppet Contemplative Sukuraga. Vidyottama Sanatama, International Journal of Hindu Science and Religious Studies, Vol 1 No. 1 2017.

Iwan Irawan. 2013. Pengaruh Pendidikan Karakter Mahasiswa Terhadap Ketaatan Hukum (Studi Kasus di Kampus Universitas Bina Nusantara). HUMANIORA Vol.4 No.2 Oktober 2013: 1105-1115.

Kharisma Ilyyana, Emi Pujiastuti, Wuryanto. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar. Journal of Mathematics Education 2 (1).

Kim Kim Min. 2017. The Value of Saemaul Undong: South Korea Community Character Booste. Vidyottama Sanatama, International Journal of Hindu Science and Religious Studies, Vol 1 No. 1 2017.

Marco Antonio Manota Sánchez, 2015. Classroom’s climate and good teaching methods with vulnerable teenagers: further from academic contents, Journal Title: Contextos Educativos: Revista de Educación, Universidad de La Rioja, Spain.

Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung. Indonesia.

Muhadjir, Noeng, 1987. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Suatu Teori Pendidikan. Reka Sarasih. Yogyakarta. Indonesia.

Muhammad Iplih. 2017. The strategy of internalizing the values of the characters in al-Mumtaz Islamic Boarding School. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, Vol. 2 No. 1, 2017, pp.79-103.

Nanik Suryani, Hengky Pramushinto. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Melalui Pendekatan Deep Approach to Learning. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. VII, No. 2, Desember 2012, Hal. 120–129.

Nasution, S. 2002. Metode Researh. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Novrian Satria Perdana, M.E. 2015. Character Education Model Based On Education in Islamic Boarding School. Edutech, Tahun 14, Vol.1, No.3, Oktober 2015.

Patton, M. 1990. Qualitative Evaluation and Research Method. California: Sage Publication.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Rivanda Putra, Indah Werdiningsih, & Ira Puspitasari. 2017. Decision Support System for Selection of High Achievers in Junior High School with VIKOR and TOPSIS Methods. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence. Indonesia

Rue dan Byars. 2006:6. Managemant Development: SMES in Indonesia. Journal of Developmental Entrepreneurship, 12(1), 95-118.

Septi Widiyantari. 2011. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (ejournal). Vol 1 No 2. Universitas Negeri Malang.

Soekartini.2009. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Penerbit Pustaka Jaya. Jakarta.

Sugioyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Tri Marhaeni Puji Astuti, Elly Kismini, Kuncoro Bayu Prasetyo. 2014. The Socialization Model of National Character Education for Students in Elementary School through Comic. Jurnal Komunitas 6 (2) (2014): 260-270.

Utami Munandar. 2012. Kreatifitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Indonesia. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32342

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.