Analisis Peluang Usaha Wedding Organizer Pada Kaum Millennial

Rinita Sinaga, Rizka Ramadhana Sembiring

Abstract


Pernikahan merupakan acara sakral dan suci hingga menuntut kelancaran. Bagi sebagian besar orang di Indonesia, untuk menyelenggarakan acara kecil-menengah mungkin masih bisa dengan bantuan tetangga dan kerabat. Namun, kini sangat terbuka celah pasar bagi pengusaha jasa WO dikarenakan perubahan budaya dan gaya hidup serta kemapanan finansial. Sekarang sudah banyak orang malu untuk meminta bantuan kerabat yang pastinya tidak punya banyak waktu. Ditambah lagi, serba instan dan praktis adalah ciri khas masyarakat modern. Lebih- lebih jika acaranya besar-besaran, mereka tidak akan memberikan tugas kepada sembarangan orang, butuh tenaga ahli dan berpengalaman yang disebut wedding organizer. Dengan adanya jasa WO yang profesional, mau acara sebesar apapun dengan tempo persiapan sesingkat- singkatnya pun bisa diatasi tanpa perlu menguras tenaga dan fikiran shohibul-bet. WO bertugas menyusun acara serapi mungkin dan sesuai selera keluarga dan mempelai. Mulai dari prawedding, pencarian tempat dan domisili tepat (gedung atau hotel), pengisi acara, ketering, dekorasi, hingga mengorganisasikan saat hari-H. seiring perkembangan zaman jasa weeding organizer banyak dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin melaksanakan resepsi pernikahan. WO menjadi suatu usaha yang begitu menjanjikan. Untuk mengetahui bagaimana peluang usaha weeding organizer maka dari itu penulis jurnal ini.


Full Text:

PDF

References


Ferdiansyah, F. (2016). Pengembangan bisnis tgif organizer Dalam meningkatkanmarket share. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 52(11).

Melati, I. (2010). Segmentasi Pelanggan pada Bisnis Wedding Organizer. Binus Business Review, 1(2), 568-574.

Rugaya, S., & Sudirman, M. (2016). Efektifitas Pelaksanaan Kursus Calon Pengantin (Studi Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar). Jurnal Tomalebbi, (4), 157-168.

Samoedra, A. D. A., & Ichsani, S. (2012, September). Berkembangnya Jasa Wedding Planner Sebagai Salah Satu Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Bandung. Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis II, Universitas Tarumanagara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32346

Article Metrics

Abstract view : 1761 times
PDF - 1049 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.