Hubungan Perilaku Menggunakan Smartphone Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi covid-19 (Studi Kasus Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v4i1.32422Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perilaku mahasiswa menggunakan smartphone dimasa pandemi (2) tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa, dan (3) hubungan perilaku belajar terhadap tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran dengan menggunakan smartphone dimasa pandemi, Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan teknik analisis product moment dari uji korelasional dan uji hipotesis, Tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa mencapai 4.0375 yang tergolong dalam kategori baik, dan (3) Terdapat hubungan perilaku belajar terhadap tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran dengan menggunakan smartphone dimasa pandemi mencapai 0,449 yang signifikasn pada taraf 5% persen. Koefisien determinasi mencapai 0,202 sehingga kontribusi perilaku belajar terhadap penggunaan smartphone mencapai 20,2% hubungan penggunaan smartphone terhadap perilaku dan hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran daring dimasa pandemi.References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka. Backer, E. (2010). Using Smartphone
and Facebook in A Major Assesment : The
Student Experience. E-Journal. Australia:
University of Balla.
Depdiknas. 2011. Penggunaan Smartphone.
Jakarta: Dirjend Dikdasmen.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2003. Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Gramedia.
Husaini Usman. 2008. Metodelogi Penelitian
Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta: Multi
Presindo.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Nova, Yerieska Ristina. 2018. Penelitian.
Hubungan Antara Penggunaan
Smartphone Pada Mahasiswa.
Oktataria Alexander. 2017. Penelitian.
Hubungan Antara Intensitas Penggunaan
Smartphone Dan Motivasi Berprestasi
Pada Mahasiswa.
Rusman. 2013. Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Sarwar, M & Soomro, T. R. 2013. Impact of
Smartphone™s on Society. Eurepean
Journal of Scientifie Research. ISSN
-216X/1450-202X, 98 (2), 216-226.
Diunduh://www.europeanjournalofscientif
icresearch.com.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung:
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode PenelitianBisnis.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung
Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning.
Surabaya: Pustaka Belajar.
Susanto. 2014. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Susanto. 2013. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran.
Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Millennial Community

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.