Hubungan Perilaku Menggunakan Smartphone Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi covid-19 (Studi Kasus Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perilaku mahasiswa menggunakan smartphone
dimasa pandemi (2) tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa, dan (3) hubungan perilaku
belajar terhadap tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran dengan
menggunakan smartphone dimasa pandemi, Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan
teknik analisis product moment dari uji korelasional dan uji hipotesis, Tingkat pencapaian
hasil belajar mahasiswa mencapai 4.0375 yang tergolong dalam kategori baik, dan (3) Terdapat
hubungan perilaku belajar terhadap tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa selama
pembelajaran dengan menggunakan smartphone dimasa pandemi mencapai 0,449 yang
signifikasn pada taraf 5% persen. Koefisien determinasi mencapai 0,202 sehingga kontribusi
perilaku belajar terhadap penggunaan smartphone mencapai 20,2% hubungan penggunaan
smartphone terhadap perilaku dan hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran daring
dimasa pandemi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka. Backer, E. (2010). Using Smartphone
and Facebook in A Major Assesment : The
Student Experience. E-Journal. Australia:
University of Balla.
Depdiknas. 2011. Penggunaan Smartphone.
Jakarta: Dirjend Dikdasmen.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2003. Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Gramedia.
Husaini Usman. 2008. Metodelogi Penelitian
Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Jihad dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta: Multi
Presindo.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Nova, Yerieska Ristina. 2018. Penelitian.
Hubungan Antara Penggunaan
Smartphone Pada Mahasiswa.
Oktataria Alexander. 2017. Penelitian.
Hubungan Antara Intensitas Penggunaan
Smartphone Dan Motivasi Berprestasi
Pada Mahasiswa.
Rusman. 2013. Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Sarwar, M & Soomro, T. R. 2013. Impact of
Smartphone’s on Society. Eurepean
Journal of Scientifie Research. ISSN
-216X/1450-202X, 98 (2), 216-226.
Diunduh://www.europeanjournalofscientif
icresearch.com.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung:
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode PenelitianBisnis.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung
Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning.
Surabaya: Pustaka Belajar.
Susanto. 2014. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Susanto. 2013. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran.
Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i1.32422
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.