Perbedaan Kematangan Emosi Antara Remaja Yang Mendapatkan Pelatihan Life Skill Dengan RemajaYang Tidak Mendpatkan Pelatihan Life S di LAPAS Kelas II A Anak Medan

Rismawati Munthe

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam kematangan emosi remaja yang mendaptkan pelatihan life skill dan remaja yang tidak diberikan pelatihan life skill di lembaga Permasyarakatan kelas II A Anak Medan. Populasi dalam penelitian sebanyak 628 orang, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik.Berdasarkan hasil perhitungan uji beda (t-test) diketahui bahwa ada perbedaan kematangan emosi yang sangat signifikan antara remaja yang mengikuti pelatiahan life skill dan remaja yang tidak mengikuti pelatihan life skill, hasil ini dapat dinilai dari nilai koefisien t-test = 12,213 dan nilai p > 0,001. Hasil analisis menunjukkan mean remaja yang mengikuti pelatihan life skill dengan mean = 162.2000  lebih tinggi dari pada mean remaja yang tidak mengikuti pelatihan life skill dengan mean = 113.7000.Disarankan Bagi remaja yang aktif dalam keterampilan life skill disarankan untuk dapat lebih baik dalam mengembangankan kematangan emosinya, baik saat masih berada didalam Lapas ataupun saat setelah bebas nanti.

Katakunci: Remaja, Kematangan Emosi, Life Skill


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1990. Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi, Jakarta : Bina Aksara

Asmani, Ma’mur, Jamal. 2009. Sekolah Life Skill. Cetakan I. Jogjakarta. DIVA Press.

Hurlock, B, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga

Mulyani, Teti, S.Psi, dkk. 1999. Pengembangan Diri. Cetakan II. Bandung, PKBI Jawa Barat

Rosalina, Amalia, Nur. 2006. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Motivasi Pasien Untuk Sembuh Di Rumah Sakit Laras Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Skripsi. Medan, Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Winansi, Vaeia, 2008. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung, Cita Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i1.33152

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Millennial Community

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index