Pemberdayaan Perempuan Melalui Media Sosial Guna Mendorong Perekonomian Keluarga

Apriyanti Suratmi, Ibnu Hajar Damanik, Charisma Yani, Esra Novela, Masni Khairani

Abstract


Pengguna media baru sudah kerap menjadi bahan kajian. Namun di Indonesia, baru sedikit penelitian yang mengaitkannya dengan masalah pemberdayaan, terlebih lagi pemberdayaan perempuan. Penelitian ini bertujuan untk menelaah bagaimana pemberdayaan perempuan dilakukan melalui social. Melalui metode studi kasus, penelitian ini mempelajari fenomena penggunaan media social oleh lembaga pemberdayaan perempuan langsung pada keadaan alaminya. Pada focus kajian dalam penelitian ini adalah pada personel yang melakukan aktivitas bermedia social dan pada isi media social yang mereka kelola. Pada individual pelaku media social memberikan gambaran kemampaun penggunaan media social kelompok perempuan. Sementara dari isi media social menggambarkan seperti apa pandangan media yang dianggap memberdayakan.


Full Text:

PDF

References


Purnama Akhmad. 2018. Pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi Melalui Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal PKS. Vol 17. No 4. Hal 320

Rehia. 2015. Pemberdayaan Perempuan Melalui Media Sosial. Jurnal Simbolika. Vol 1. No 2. Hal 117-119

Fakih, M. (2001). Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Irwan, M. (2017). Evaluasi program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen pada PKBM Cahaya Kota Binjai. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 121-132.

Irwan, M. (2020). Pemberdayaan Perempuan Desa Pondok Melalui Kelompok Wirausaha Anyaman Lidi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 130-147.

Irwan, M., Rosdiana, R., & Kurniawan, F. (2020). Pendampingan ibu rumah tangga (IRT) dalam inovasi produk limbah lidi kelapa sawit sebagai penghasilan tambahan pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Education For All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 27-32.

Qurrati Wina, A., Faidati, N. (2021 ). Pemberdayaan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (Prse) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Kabupaten Bantul Diy Tahun 2013-2018. . Internationa Journal Of demos. Volume 3, Issue 1.

Barus. R.K.I. ( 2015 ). Pemberdayaan Perempuan Melalui Media Sosial. Jurnal Simbolika. Volume 1, Nomor 2.

Rita Yuliana, Model Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pengembang Ekonomi Lokal Melalui Sistem Kemitraan Bisnis Islam Berbasis Mompreneur, dimuat dalam “Jurnal Pamator”, Vo. 3, No. 2. Oktober 2010, hal. 129.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i1.34163

Article Metrics

Abstract view : 448 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.