Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Yanti Shantini, Achmad Hufad, Elih Sudiapermana, Iip Saripah, Deti Nudiati

Abstract


Sejak pandemi terjadi, kebijakan Belajar Dari Rumah diberlakukan oleh pemerintah sehingga orang tua dituntut untuk mampu mendampingi anak. Muncul berbagai permasalahan yang dihadapi orang tua dalam proses pendampingan ini karena selama ini proses belajar secara formal diserahkan kepada guru di sekolah. Dibutuhkan pengetahuan dan latihan bagi orang tua sehingga mampu mendampingi anak belajar selama masa pandemic, terutama dengan menggunakan perangkat teknologi informasi yang harus dimaksimalkan akibat dari pembelajaran online. Untuk itu, dalam kajian ini difokuskan pada optimalisasi peran orang tua dalam mendampingi anak belajar melalui pemanfaatan teknologi informasi. Pendekatan kualitatif digunakan dengan memanfaatkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan literatur, yang terdiri dari bahan atau kajian pustaka yang koheren. Upaya optimalisasi yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu dengan terus menjadi orang tua pembelajar dengan melakukan identifikasi kemampuan diri, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri, implementasi capaian pengembangan diri dan mengevaluasi hasil implementasi dari capaian kompetensi yang telah dilakukan dalam proses mendampingi anak belajar terutama kegiatan belajar yang memanfaatkan penggunaan IT.

Full Text:

PDF

References


Amalia Hasibuan, C. (2021). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. In Journal Tarbiyah Islamiyah (Vol. 6).

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 790–803.

Bakhtiyar. (2018). Peran Keluarga Sebagai Pendamping Belajar Anak Dalam Meraih Prestasi Belajar Di Sekolah Melalui Pemanfaatan Layanan Jasa Informasi Perpustakaan: Suatu Kajian Dalam Perspektif Sosio Kultural. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 8(1), 37–45.

Baumeister, R. F., & Leary, M. R. (1997). Writing narrative literature reviews. Review of General Psychology, 1, 311–320. https://doi.org/10.1037/1089-2680.1.3.311.

Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi 04, no. 1 (2020): 152–159.

Data, et.al. (2021). Peran Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. ELEOS: Jurnal teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Volume 1, Nomor 1 Edisi Juli 2021 (Hal. 50-62)

Databoks. (2022). Ibu Indonesia habiskan waktu tiga jam bermedia sosial. Tersedia: [online] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/13/ibu-di-indonesia-habiskan-waktu-tiga-jam-bermedia-sosial

Fahlena, H. (2021). Peran dan Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, 397–403. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/download/4738/2893

Kartono, Kartini, 1985, Peran Orang Tua dalam Memandu Anak. Jakarta, Rajawali.

Kemendikbud. (2017). Buku Saku Mendidik Anak Di Era Digital. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Levy, Y., & Ellis, T. J. (2006). A Systems Approach to Conduct an Effective Literature Review in Support of Information Systems Research. Informing Science Journal, 9.

Nahriyah S. (2017). Tumbuh Kembang anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 65–74.

Nugraheni Kusumaningrum, R., & Mardiana, T. (2021). Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 3(3), 20. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id

Nurfadilah, F., Zaman, B., & Romadona, N. F. (2019). Upaya Orang Tua Untuk Mencegah Ketergantungan Anak Terhadap Penggunaan Gadget. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 90–98.

Qomaruddin, P. A. (2017). Pendampingan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 117–132.

Rahayu, E., Anggraini, V. A., & Islam, S. N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Usia SD/MI. Jurnal Auladuna, 2(1), 37–49.

Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2020). Strategi Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110.

Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 03(01), 47–56.

Ramedlon. (2021). Peran Keluarga Dalam Pendampingan Proses Belajar Mengajar Di Rumah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 168–180.

Ratiwi & Woro. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Kognitif. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang 2020 ISSN: 26866404

Sitti ’abidah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi COVID-19.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(March), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Tri Susanti, W., & Quratul Ain, S. (2022). Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42882

Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119

Utami, Etika Widi. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Wardani, Anita. & Yulia Ayriza. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 772-782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

WHO. (2013). mental health action plan. mental health action plan 2013-2020, 86(1), 10-22. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa8601_03

Widiartawan, Nyoman and Talizaro Tafonao. (2021). “Peranan Dan Kedudukan Orang Tua Di Tengah Keluarga Dan Gereja Sebagai Pendidik The Role and Position of Parents in The Middle of The Family and The Church as Educators.” jurnal SHAMAYIM 1, no. 2: 188– 203.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Zulfitria. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah PGSD Holistika. 95–102




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v5i1.37709

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot