The Role of Early Childhood Educators in Providing Learning Motivation in Early Childhood

Haifa Ghina Alfiyyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa peran pendidik pendidikan anak usia dini dalam memberikan motivasi belajar pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini yaitu lima orang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini bahwa peran pendidik dalam memberikan motivasi belajar dengan peran pendidik sebagai demonstrator yaitu dengan alat peraga dengan belajar dan bermain. Pendidik sebagai pengelola kelas menerapkan senyum, sapa, salam, sopan, santun. Pendidik sebagai mediator yakni metode dan teknik belajar dengan bermain, edukasi kelas, menyanyi. Pendidik sebagai fasilitator menggunakan alat belajar lego, balok, alat peraga dengan bahan ajar buku cerita, ekalase, kriket, gambar dan alat daur ulang dari sumber belajar LK, Modul, buku cerita. Pendidik sebagai evaluator yaitu evaluasi 2 kali dan tidak ulangan. Pendidik sebagai motivator yakni dengan sistem reward. Dapat disimpulkan dari hasil peran pendidik dalam memberikan motivasi belajar dalam sikap, motivasi belajar dan nilai peserta didik meningkat seperti anak menjadi mandiri, percaya diri dan bersosialisasi dan penilaian anak memiliki kemampuan mengetahui angka, warna dan huruf, tidak ulangan dan adanya reward.

Full Text:

PDF

References


Berti, M. (2018). Open educational resources in higher education. Issues and Trends in Learning Technologies, 6(1).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa:Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Hadiwidjaja, R. D. (2016). Pemanfaatan Open Educational Resources (OER) Di Era Digital: Evaluasi Kualitas Dry Lab Akuntansi (DLA) Oleh Pengguna Pada InstitusiPendidikan Jarak Jauh. In: Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 119-135.

Harahap, F. I. N., Hasibuan, J., Irwan, M., Anggreni, A., & Sunita, J. (2023). The Effectiveness Of Using Lms Sipda Compared With The Google Classroom Lms In The Department Of Community Education University Of The State Of Medan. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 60-69.

Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.

Iswanto, R., & Jurianto, J. (2020). Pengembangan model manajemen Open Educational Resources (OER) Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Curup. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 171–188. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i2.25696

Kodrat, H. A. G., & Rusydiyah, E. F. (2020). Pemanfaatan Open Education Resources pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Unggulan BPPT Al-Fattah Lamongan. Tarbiya Islamia: Jurnal PendidikanDan Keislaman, 10(2), 11 22.http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/800

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah

Mulyatiningsih, Endang (2011) Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Purwaningsih, T. (2020). Penerapan Outcome Based Education & Blended Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menghadapi Era Industri 4.0 pada Mata Kuliah Teknik Sampling. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(1).

Saragih, C. A., Irwan, M., Rosdiana, R., Zebua, R. A., & Simanjuntak, R. M. Y. (2023). Curriculum Management Analysis in Hanuba Medan Community Learning Center (PKBM). SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1), 127-134.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Taufik, T., & Udhmah, S. (2021). Optimalisasi Potensi Pemanfaatan Open Education Resources pada Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 120–134. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5615

Waraulia, A. M. (2020). Bahan Ajar dan Prosedur Penyusunan.Media Grafika: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v6i1.42187

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.