Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Siliwangi
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh motivasi belajar tentang hasil belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat 2021. Tujuan adanya penelitian ini agar dapat mengukur tingkat keberhasilan hasil belajar agar termotivasi belajar yang dimiliki oleh Mahasiswa Pendidikan Masyarakat 2021. Pengukuran adanya hasil belajar dilakukan agar dapat mengetahui perubahan perilaku Mahasiswa ke arah yang lebih baik untuk memberikan dorangan motivasi terhadap mahasiswa untuk senantiasa mengembangkan hasil belajarnya. Seperti yang kita ketahui, Mahasiswa Pendidikan Masyarakat 2021 merupakan mahasiswa baru di dunia perkuliahan.penelitian ini membahas adanya pengaruh yang dimiliki sebagai masa transisi dari siswa ke mahasiswa. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif melalui metode analisis regresi linear sederhana. Adapun penelitian ini juga memiliki hasil dari motivasi belajar yang berdampak terhadap hasil belajar degan presentase 21,2% sedangkan sisanya sebesar 78,8% merupakan kontribusi dari variabel lain.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ariani, V. (2019). Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Estimasi 1 Program Studi Teknik Ekonomi Konstruksi (Studi Kasus: Angkatan 2016). Jurnal
Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil , 5, No(2), 8–9.
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 310–319.
Daruyani1, S., Wilandari2, Y., & Hasbi Yasin3. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA FSM UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMASTER PERTAMA DENGAN MOTODE REGRESI LOGISTIK BINER.
Fauhah, H., & Brillian, R. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa no title. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 325. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR ( Studi Kasus terhadap Siswa Kelas ... Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. http://www.jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.
Ole, A. A., & Dipan, E. G. (2023). Hubungan kondisi lingkungan belajar di sekolah dan hasil belajar siswa Pendahuluan. 02(01), 71–78.
Prabowo, R. A., Agus, I. P., Hita, D., Lubis, F. M., & Patimah, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. 05(04), 12648–12658.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar KoRijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15.
Romadhoni, E., Wiharna, O., Mubarak, I., & Indonesia, U. P. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jo Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2).
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.
Suriani, S., & Yusnadi, Y. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Warga Belajar Paket C Di Kelompok Belajar Kemuning Desa Asahan Mati Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan. Journal of Millennial Community, 1(1), 1. https://doi.org/10.24114/jmic.v1i1.12706
Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru. 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2824
Wulan, Ayu, N. S., & Wau, Y. (2022). Hubungan Perilaku Menggunakan Smartphone Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi covid-19 ( Studi Kasus Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan )Program Studi Pendidikan Masyarakat , Universitas Negeri Medan 4(1), 7–12.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v5i2.42414
Article Metrics
Abstract view : 113 timesPDF - 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.