Implementasi Hak dan Kewajiban Masyarakat Millennial Pada Progam Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Sri Yunita, Angel Chasita Sagala, Annisa Azmi Sagala, Maria Angel Hasibuan, Mariana Sinaga

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi hak dan kewajiban warga negara khusus pada masyarakat millennial pada program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dengan tujuan impelemntasi  agar anak anak yang ada di TBM tersebut dapat menerapkan di kehidupan sehari hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dengan 100 orang responden yang terlibat dalam program taman bacaan masyarakat di kelurahan Tembung, Medan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) hak dan kewajiban memiliki peran penting dalam non-formal untuk menjaga kestabilan dan keharmonisan; (2) hak dan kewajiban di lingkungan non-formal sangat berpengaruh pada kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan; (3) hak dan kewajiban di lingkungan non-formal harus diimplementasikan dengan baik, untuk menjaga kestabilan dan keharmonisan; dan (4) pelayanan yang profesional dan transparan membutuhkan banyak evaluasi dan pengawasan, untuk memastikan bahwa hak dan kewajiban di lingkungan non-formal dibangun secara tepat.

References


Andina, E. (2018). Efektivitas pengukuran kompetensi guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204-220.

Arsana, I. K. S. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 269-282.

Budiwan, Jauhan. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy).

Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10(02).

DH, I. K. (2012). Kinerja Pendidikan Kesetaraan Sebagai Salah Satu Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 65-84.

Fahdian Rarmandani. (2020). Hak dan kewajiban sebagai dasar nilai intrinsik warga negara dalam membuat masyarakat sipil, Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, Vol 4, No 1.

Hakim, A. D. J. (2016). Hubungan Antara Kompetensi Andragogi Tutor dan Hasil Belajar Warga belajar Pelatihan Teknik Listrik Industri di UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya. J+ PLUS UNESA, 5(2).

Hamdi, Asep Saepul, dan E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Helmiati. (2023). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.

Hiryanto, H. (2020). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65-71.

Huda, M. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.

Ichsan, M. A., Meilya, I. R., & Djumena, I. (2019). Kontribusi Kompetensi Andragogi Pamong Belajar Terhadap Hasil Belajar Kesetaraan Paket C. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(1).

Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.

Kamilah, E. N. (2022). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kartono, K. &. (1992). Pengantar ilmu pendidikan teoritis: apakah pendidikan masih diperlukan? Bandung: Mandar Maju.

Knowles, Malcolm et-al. (2005). The Adult Learner Sixth Edition. California: Elsevier.

Marno dan Idris. (2008). Strategi dan Model Pengajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media

Marzuki, Saleh. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muharam, Agung, Mega Silpia Agustin Mega, Nurtaqiyah Nurtaqiyah, & Bayu Adi Laksono. "Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Siliwangi." Journal of Millennial Community [Online], 5.2 (2023): 89-102.

Rosyada Ikhwani. (2021). Pemahaman Serta Penerapan Hak dan Kewajiban Pada Anak Usia Dini (TK dan SD) Melalui Pembelajaran PPKn Di Taman Belajar Santai Dusun Bunsalak Desa Jago Kecamatan Praya Lombok Tengah, jurnal IPA Original Research Paper, Vol 4(1), hal 27- 32.

Sarwono, Jonathan dan Hendra Nur Salim. (2016). Prosedur-Prosedur Populer Statistik Untuk Analisis Data Riset Skripsi. Yogyakarta: Gava Media.

Shoffa, Shoffan. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Microteaching. Surabaya: Mavendra Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Sujarwo. (2015). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Suprapto, Haddy. (2017). Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Winarti, A. (2019). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Bandung: CV. Alfabeta.

Yani, Ahmad. (2013). 12 Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung: CV. Pringgandani.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v6i1.53243

Article Metrics

Abstract view : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.