Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Vokasional Di LKP (Lembaga Kursus Dan Pelatihan) F2F

Jubaidah Hasibuan, Friska Indria Nora Harahap, Khodijah Tussolihin Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi jumlah pengangguran di Indonesia 7,86 juta orang pada Agustus 2023. Salah upaya menurunkannya adalah dengan melakukan pendidikan kecakapan vokasional yang dilakukan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) F2F sebagai salah satu bentuk pendidikan yang memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat yaitu kursus menjahit. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan kecakapan vokasional di LKP F2F dan menganalisis permasalahan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu isntruktur kursus menjahit dan warga belajar sebanyak 11 orang. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran ada tiga tahap yaitu; 1) perencanaan dengan melibatkan warga belajar dan unsur-unsur pendukung lainnya, 2) pelaksanaan program dilakukan dengan waktu yang ditentukan instruktur akan tetapi dianggap kurang efektif karena warga belajar kurang melakukan praktek, 3) metode pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan dilengkapi dengan media pembelajaran audiovisual, 4) penilaian dilaukkan secara langsung dan uji kompetensi, 5) instruktur kurang mampu meningkatkan motivasi belajar warga belajar.

Full Text:

PDF

References


Abbas, M. A. A., Sari, N., Nasra, N., & Elihami, E. (2019). Peranan Lapangan Perlembagaan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Dian Ayu Di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 122–138.

Baniah, Eka Norhikmah Sya, Riyadi Riyadi, dan Albert Richart Singal. "Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan Di Lkp Rachma Kota Samarinda." Masyarakat Pembelajaran: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 2.2 (2021): 75-80.

Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Daryani, Rita Dini, Nandang Rukanda, and Ansori Ansori. (2023) "Peran Fasilitator Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kursus Tata Busana Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Jelita Masa." Comm-Edu (Community Education Journal) 6.3: 351-358.

Irwan, M., Anggreni, A., Sunita, J., & Suhdi, H. (2022). Life Skills Education Through Non-Formal Education For People With Physical Disabilities. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 235-242.

Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.

Junaidah, I. (2021). Kesempatan Berwirausaha Pada Program Pelatihan Tata Kecantikan Kulit (Studi pada LKP Yuwita di Kota Tasikmalaya) (Skripsi,Universitas Siliwangi). http://repositori.unsil.ac.id/5648/.

Kharina, E. N., Husnika, E., & Handani, F. (2022). Peran LKP Dalam Membantu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dengan Berwirausaha Sesuai dengan Keterampilan Yang Dimiliki. Journal of Millennial Community, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32343

Ndraha, ED., dkk. (2020). Analisis Penerapan Pendekatan dan Masalah Andragogi di PKBM Cahaya Binjai. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Number: 2 (volume: 6), September 2022 – 174.

Novita, J., & Tindangen, M. (2022). Identifikasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2022 e-ISSN: 2829 -3541.

Nurpitriani, A. (2017). Pelaksanaan Pelatihan Menjahit Pakaian Dasar Berbasis Kompetensi Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Semarang. UNS: SKRIPSI

Saragih, C. A., Irwan, M., Rosdiana, R., Zebua, R. A., & Simanjuntak, R. M. Y. (2023). Curriculum Management Analysis in Hanuba Medan Community Learning Center (PKBM). SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1), 127-134.

Saraka. (2020b). The Impact of Teaching Entrepreneurship Engangement on Teacher’s English Proficiency, Teaching Skills, Self-Regulations and Supply Chain for Indonesian EFL Students. International Journal of Supply Chain Management, 9(1), 784–793.

Saepudin, A., & Mulyono, D. (2019). Community Education In Community Development. Jurnal Empowerment Volume 8 Nomor 1, Februari 2019 e-ISSN : 2580-7692 p-ISSN : 2252-4738

Sutarto, A. H. J. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1).

Syaifullah, M. (2020). Urgensi Media Pembelajaran Ditinjau Dari Karakteristik Fisik Dan Psikomotorik Anak Usia Dasar. Jurnal AT-TAHDZIB.Volume 5nomor 1 maretr 2020 : 2503-3034

Verina Fira. (2019). Analisis Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII di MTsN 1 Tanah Datar. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Yulianingsih, Wiwin. 2017. “Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pkh) Menjahit Bagi Perempuan Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Lkp Modes Muria Sidoarjo-Jawa Timur’’. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, (Online), Vol. 01 No.01 (Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Pls/Article/View/5416)




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v6i1.58753

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot