Pelibatan Orang Tua Dan Masyarakat Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di PAUD IT Salman Alfarisi
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terkini yang sedang diterapkan pada seluruh jenjang Pendidikan, mulai dari PAUD hingga Pendidikan Tinggi. Kurikulum ini mencoba menjawab tantangan abad 21 yang mengarahkan pada penguasaan 4C (Creativity, Comunication, Colaboration, C) pada setiap peserta didik. Salah satu keutamaan kurikulum merdeka ini adalah adanya pelibatan orangtua yang lebih nyata dibandingkan pada kurikulum sebelumnya. Pelibatan ini terlihat pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sejauh ini PAUD IT Salman Al Farisi telah mencoba melibatkan orangtua dalam beberapa kegiatan, namun belum terprogram secara berkala. Keguiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu PAUD IT Salman Al Farisi untuk merumuskan program pelibatan orangtua dalam upaya implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi kegiatan. Hasil dari Kegiatan ini adalah munculnya kesadaran mengenai pentingnya pelibatan orangtua dalam implementasi kurikulum merdeka serta tersedianya rumusan program pelibatan orangtua dalam implementasi kurikulum merdeka.
Full Text:
PDFReferences
Book, M. L., & Littunen, S. P. (2015). Responsibility in Home School Relations Finnish Parents View. Children & Society Journal, Vol.29 , 615-625.
Baroroh, S., Budiartati, E., & Fakhruddin, F. (2020). Implementation of parenting education in early childhood education institutions. Journal of Nonformal Education, 6(1), 77-84. https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.24168
Ekinci-Vural, D. (2021). Parental involvement in early childhood classrooms: Turkish teachers’ views and practices. African Educational Research Journal, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.30918/AERJ.91.20.208
Failashofa, M. and Fitria, A. (2022). Peran orangtua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak di paud islam makarima kecamatan kartasura kabupaten sukoharjo. Paudia Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 473-490. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11699
Fatonah, N. (2019). Parental Involvement in Early Childhood Literacy Development. Proceedings of the International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019).
Widarnandana, Wiraadi Tria Ariani, N., Gautama Jayadiningrat, M., & Bagus Sugriwa Denpasar, G. (2023). PERAN ORANGTUA DALAM PERSIAPAN ANAK USIA DINI MENUJU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW
Hardiyanti, D. (2021). Keluarga: Pendekatan Teoritis Terhadap Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 2(1), 21–28. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc
Hasanah, U. (2023). Pengaruh peran orangtua terhadap pembentukkan karakter tanggung jawab anak usia dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 3(2), 93-110. https://doi.org/10.21580/joecce.v3i2.17820
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makruf, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Milošević Adamović, N. (2022). Cooperation between Preschool Institutions and Parents within Early Childhood Environmental Education. Društvene i Humanističke Studije (Online), 7(2(19)), 615–634. https://doi.org/10.51558/2490-3647.2022.7.2.615
Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan program pelibatan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231
Prima, A. and Andisa, W. (2021). Pentingnya pendidikan ekonomi keluarga dalam membentuk perilaku ekonomi anak. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Pendidikan, 1(2), 105-110. https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p105-110
Suardi, S., & Samad, S. (2021). Development of Strategies to Support Parental Engagement In the Early Childhood Education Unit Partnership. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(3), 269. https://doi.org/10.26858/est.v7i3.20263
Sumarsono, R. B. (2018). UPAYA MEWUJUDKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PARTISIPASI ORANGTUA SISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 42(2).
Turunen, T. A. (2012). Individual plans for children in transition to pre-school: a case study in one Finnish day-care centre. Early Child Development and Care, 182(3–4).
Nugraha, Ali, Rudianto, Dadang Sukirman, and Supriyani
Burhanuddin. 2021. Kurikulum Belajar TK, 470.
Rahmah, Hafsah Dzata, Lubabul Ummah, Siti Aulia Fauzia, Suci Rahmadani, and Latipah Hasanah. 2022. Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila Dalam Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di PAUD. Jurnal Pelita PAUD 7 (1): 179– 89. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2516.
Mulyana. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nokali, N. E. El, Bachman, H. J., & Votruba-drzal, E. (2010). Parent Involvement and Children ’ s Academic and Social Development in Elementary School. Child Development, 81(3), 988–1005.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v6i2.58837
Article Metrics
Abstract view : 16 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.