PELIBATAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI PAUD IT SALMAN ALFARISI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v6i2.58837Keywords:
kurikulum merdeka, orang tua, PAUD, masyarakatAbstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terkini yang sedang diterapkan pada seluruh jenjang Pendidikan, mulai dari PAUD hingga Pendidikan Tinggi. Kurikulum ini mencoba menjawab tantangan abad 21 yang mengarahkan pada penguasaan 4C (Creativity, Comunication, Colaboration, C) pada setiap peserta didik. Salah satu keutamaan kurikulum merdeka ini adalah adanya pelibatan orangtua yang lebih nyata dibandingkan pada kurikulum sebelumnya. Pelibatan ini terlihat pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sejauh ini PAUD IT Salman Al Farisi telah mencoba melibatkan orangtua dalam beberapa kegiatan, namun belum terprogram secara berkala. Keguiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu PAUD IT Salman Al Farisi untuk merumuskan program pelibatan orangtua dalam upaya implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi kegiatan. Hasil dari Kegiatan ini adalah munculnya kesadaran mengenai pentingnya pelibatan orangtua dalam implementasi kurikulum merdeka serta tersedianya rumusan program pelibatan orangtua dalam implementasi kurikulum merdeka.References
Book, M. L., & Littunen, S. P. (2015). Responsibility in Home School Relations Finnish Parents View. Children & Society Journal, Vol.29 , 615-625.
Devlieghere, J., Li, Y., & Vandenbroeck, M. (2022). Beyond the veil of parents: deconstructing the concept of parental involvement in early childhood education and care. Early Years, 42(4“5), 587“598. https://doi.org/10.1080/09575146.2020.1840526
Ekinci-Vural, D. (2021). Parental involvement in early childhood classrooms: Turkish teachers™ views and practices. African Educational Research Journal, 9(1), 60“68. https://doi.org/10.30918/AERJ.91.20.208
Fatonah, N. (2019). Parental Involvement in Early Childhood Literacy Development. Proceedings of the International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019).
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makruf, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Nugraha, Ali, Rudianto, Dadang Sukirman, and Supriyani Burhanuddin. 2021. Kurikulum Belajar TK, 470.
Rahmah, Hafsah Dzata, Lubabul Ummah, Siti Aulia Fauzia, Suci Rahmadani, and Latipah Hasanah. 2022. Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila Dalam Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di PAUD. Jurnal Pelita PAUD 7 (1): 179“ 89. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2516.
Mulyana. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nokali, N. E. El, Bachman, H. J., & Votruba-drzal, E. (2010). Parent Involvement and Children ™ s Academic and Social Development in Elementary School. Child Development, 81(3), 988“1005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Millennial Community

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.