Pengembangan Buku Saku Literasi Keislaman Bagi Pengurus Rohani Islam di SMA Negeri 1 Rantau Alai Ogan Ilir
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku saku literasi keislaman yang valid dan praktis bagi pengurus rohani islam di SMA Negeri 1 Rantau Alai Ogan Ilir. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dan tanap penulisan dan penyuntingan. Taknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Observasi digunakan untuk mengamati berbagai keadaan peserta didik yang menjadi pengurus rohis dalam berprilaku dilingkungan sekolah, wawancara dilakukan studi awal untuk memperoleh data, sedangkan angket digunakan untuk memperoleh hasil analisis kebutuhan, mengetahui kevalidan dan kepraktisan dengan 3 ahli untuk validasi dan 20 responden untuk uji coba kepraktisan. Hasil menujukkan pada validasi oleh 3 orang ahli dengan persentase yang didapat pada ahli materi 82,5%, dari ahli bahasa dengan persentase 75%, dan ahli media dengan persentase 85%. Hasil rekapitulasi rata-rata validasi ahli sebesar 80,8%. Kepraktisan produk dinilai dengan melakukan uji coba secara one-to-one dan small group dengan persentase yang didapat 96,5% pada uji coba one-to-one dan 93,3% pada uji coba small group. Hasil di atas dapat menyatakan bahwa pengembangan buku saku literasi keislaman ini bersifat valid dan sangat praktis bagi pengurus rohani islam di SMA Negeri 1 Rantau Alai Ogan Ilir.
Full Text:
PDFReferences
Adi, W. C., Suratno, S., & Iqbal, M. (2016). Pengembangan virtual laboratory sistem ekskresi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(4), 130-136.
Burhanuddiansyah, M. H. (2021). Pengembangan Buku Saku Pedoman Kegiatan Keagamaan Peserta Didik Muslim Di Smp Negeri 1 Jepara. Jurnal Pendidikan Islam. 6(1)27-42
Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018) “Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter Pada Materi Trigonometri,” Jurnal Phenomenon, Vol. 08(2)
Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi penyajian data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-66.
Herawati, H., Erdiansyah, E., & Masiah, M. (2023) .Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Madrasa Tsanawiyah. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 195-208.
Jhoni, M., Afiah, N., Alparesa, I., Sugiarni, A., & Putri, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis arduino uno r3 pada materi gerak jatuh bebas. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 8(1), 160-168.
Nupus, H., Triyogo, A., & Valen, A. (2021). Pengembangan bahan ajar buku pendamping Tematik terpadu berbasis Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3279-3289.
Nurrizalia, M., Husen, A., Waty E.R.K., Nengsih, Y.K. (2022). Mengelola Sampah Rumah Tangga Dengan Pedomanbuku Saku 4r (Reduse, Reuse, Recycle, Replant) Di Desa Limbang Jaya Ii Ogan Ilir. Journal of Sriwijaya Community Services on Education (JSCSE), 1( 2), 67-77
Pratama, R, I., & Shomedran,S.(2023).Pengembangan Media Informasi Berbasis Web Bloq Pada Laboraturium Pendidikan Masyarakat Fkip Universitas Sriwijaya. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 9.
Sabila, A.T., & Mutrofin, M. (2023). Urgensi Peningkatan Kualitas Literasi Keislaman Melalui Digitalisasi (Studi Pada Followers Tiktok Da’i Muda Husain Basyaiban. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(1), 52-53
Solihin, L., Hijriani, I., Raziqiin, K., & Zaenuri, M. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanntitatif, Kualitatif, Dan R&D) Jl. Gegerkalong Hilir No.84 Bandung: Alfabet.
Sumatri, M.S., & Firmansyah. ( 2016). Pengembangan Buku Saku The Challenge Book Tentang Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pgsd, 10(2), 69
Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan media komik digital pada pembelajaran IPS siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061-070.
Wulandari, N. (2019). Pengembangan Buku Saku Intensifikasi Bahasa Arab di IAIN METRO dengan Menggunakan Model ADDIE. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 1(02), 165-178.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v6i2.60919
Article Metrics
Abstract view : 9 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.