Model Kepemimpinan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Kreatif Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana model kepemimpinan dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan di SKB, (2) bagaimana kepemimpinan dalam mengembangkan karakter kreatif peserta didik melalui kegiatan di SKB. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu untuk memahami makna dibalik kegiatan pembelajaran yang nampak, untuk memahami interaksi pendidik dan peserta didik, untuk memahami perasaan pendidik dan peserta didik, untuk mengembangkan teori, dan untuk memastikan kebenaran data, data dikumpulkan dengan metode studi observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis dengan langkah yang terstruktur yaitu mereduksi data, paparan/penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk kepemimpinan pendidik dalam pembelajaran di SKB untuk mengembangkan karakter peserta didik dapat terlihat dari metode pembiasaan, keteladanan, telling story, dan diskusi yang digunakan oleh pendidik di SKB; (2) bentuk kepemimpinan pendidik dalam pembelajaran di SKB untuk mengembangkan karakter kreatif peserta didik terlihat dari metode pembiasaan, keteladanan, telling story, diskusi, dan simulasi yang digunakan pendidik di SKB.
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021), Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: Syakir Media Press
Afifah, D. N., Nurqomari, L. I., Anjarawati, M. P., Azzahra, Z, F.,
Setiyono, J. (2023), “Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta didik”, in Prosiding Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, pp 912-917.
Arthawati, S. D., Mevlanillah, S. R. (2023), Pengembangan Masyarakat Melalui Penerapan Pengelolaan Kampung untuk Meningkatkan Kualitas hidup Masyarakat Desa bale Kencana Kecamatan Mancak, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, pp. 6703-6712, https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i10.5201.
Aufa, A. A., Laela, U. N., Qomariyah, S. N. L., (2021), Konsep, Strategi dan Metode Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Al-Aufa, vol. 3, pp. 80-94, https://doi.org/10.32665/alaufa.v3i1.1195.
Dioba, E. T., Partikasari, R., Imran, R. F., (2023), Metode Guru dalam Membangun Karakter Disiplin Belajar Melalui Lingkungan Sekolah setelah Masa Pandemi di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu, Jurnal ECRP, vol. 3, pp. 5-12, https://ecrp.illinois.edu.
Dirham, (2019), Gaya Kepemimpinan yang Efektif, Dinamis, vol. 2, pp. 1-8, https://doi.org/10.24256/dinamis.v2i1.994.
Imran, (2021), Kepemimpinan Guru di Laboratorium Teknik Jaringan Komputer dalam mengembangkan Karakter Disiplin dan Kreatif Siswa SMK, Jurnal of Millenial Community, vol. 3, pp. 75-86, https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32342.
Jannah, S. N., Sontani, U.T., (2018), Sarana dan Prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa, Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 3, pp. 63-70, https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457.
Kasih, F., (2021), Kolaborasi Pendidik dan Peserta Didik dalam Proses Belajar Mengajar pada masa new normal, Wahana dedikasi, vol. 4, pp. 46-52, https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5252.
Maknun, L., Adelia, F., (2023), Penerapan Metode Storytelling dalam Pembelajaran di MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), vol. 3, pp 34-41, https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1283.
Maulana, A., (2022), Analisis Vaiditas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa, Kualita Pendidikan, vol. 3, pp. 133-139, https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331.
Prastiani, I., & Subekti, S., (2019), Digitalisasi Manuskrip sebagai Upaya Pelestarian dan Penyelamatan Informasi (Studi Kasus pada Museum Radya Pustaka surakarta, Ilmu Perpustakaan, vol. 6, pp 141-150, https://ejournal3.undip.ac.id.
Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun C. C., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., (2020), Model Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan: A Schematic Literature Review, Journal Of Industrial & Management Research (JIEMAR), vol. 1. Pp. 255-266.
Rahmawati, R., Surur, Shobihus., (2024), Implementasi Metode Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Munawaroh Diwek Jombang, Ilmiah Penelitian Mahasiswa, vol. 2, pp 634-645, https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.330.
Sidiq, U., Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.
Ulya, K. (2020), Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota, Asatiza, vol. 1, pp. 49-60, https://dx.doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58.
Yulandari., Iswari, E., Dafirah. (2023), Tindak Tutur Penolakan Berdasarkan Variabel Profesi dalam Podcast Deddy Corbuzier, Sinestesia, vol. 13, pp. 196-212, https://sinestesia.pustaka.my.id.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v6i2.61569
Article Metrics
Abstract view : 19 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.