Implementasi Andragogi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FIPP UNY Sebagai Wadah Self Development Bagi Mahasiswa

Authors

  • Rubiyantiningsih Department of Nonformal Education, Yogyakarta State University
  • Kingkin Lintang Sakanti Department of Nonformal Education, Yogyakarta State University
  • Sinarully Mawar Genius Department of Nonformal Education, Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.63189

Keywords:

andragogi, UKM, mahasiswa, self development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan andragogi pada mahasiswa di UKM FIPP UNY serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi tercapainya kultur andragogi di dalamnya. UKM tersebut adalah UKMF Penelitian Reality, UKMF Musik Camp, dan UKMF KMIP. Pendekatan yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan ketua serta kepala divisi yang memegang kurikulum UKM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi menggunakan teknik purposive sampling serta didukung dengan pedoman studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga UKM telah menerapkan konsep andragogi dalam keberjalanan pembelajaran nonformal yang terejawantahkan pada program kerja, iklim organisasi serta nilai yang menjadi prinsip organisasi. Adapun faktor yang berpengaruh terhadap tercapainya kultur andragogi di UKM lebih condong pada kesungguhan anggota dalam mengembangkan diri serta inovasi UKM dalam menghadirkan ruang belajar bagi mahasiswa.

References

Afriza, A. (2024). Andragogi: Adaptasi Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Digitalisasi. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 501-513.

Alfansyur, A. & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah. 5 (2):146-150.

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy).

Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (Indonesia). Diakses pada tanggal 28 Juli 2024. URL: Buku-Panduan-IKU-2021-28062021.pdf (kemdikbud.go.id).

Candra, N.D. (2022). Perilaku Konsumtif OOTD (Outfit Of The Day) Fashion Hijab Pengguna Tiktok Shop di Kalangan Mahasiswa UNY. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Darmawan, D., Hadiyanti, P., Yatimah, D., Sasmita, K., & Wanpeng, L. (2023). Development of an Interactive Multimedia Module on Andragogy for Community Education T. Journal of Nonformal Education, 9(2), 259-263.

Dia, M. A., & Fatlolona, L. (2024). DIMENSI SIKAP DAN PERILAKU BELAJAR ORANG DEWASA. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 2(2), 1-12.

Fajri, R., Alimin, R., & Herawati, H. (2024). SOSIALISASI PENERAPAN KONSEP ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BIDANG PENDIDIKAN, 6(1), 12-18.

Heryadi, Y. (2024). Desain Pengembangan SDM Pendidikan Berbasis Andragogi, Pelaksanaannya, dan Monev Program PSDM Pendidikan Yang Efektif, Efisien, dan Produktif. BUANA ILMU, 8(2), 382-397.

Kopeuw, P. M., & Kakunsi, O. Y. (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM PAK USIA DEWASA AKHIR PADA PTKK. Jurnal Sains Riset, 14(1), 134-157.

Laksono, B. A., Sari, D. N., & Margareta, E. (2024). Penerapan Teknik Fasilitasi Pada Pendidikan Keluarga.Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE) LPPM-STKIP Modern Ngawi, 1(2), 39-44.

Lubis, R. R., Sari, N. K., Lubis, M., & Margolang, D. (2024). PEMBELAJARAN ANDRAGOGI PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM: Analisis Pengelolaan Manajemen Kelas dan Strategi Pembelajaran. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 5(1), 161-173.

Maulidya, F., & Adelina, M. (2018). Periodesasi Perkembangan Dewasa. Periodesasi Perkembangan Dewasa, 1-10.

Nainggolan, E. Y. Y., Situmorang, S., Sijabat, M., Situmorang, M. A., & Naibaho, D. (2024). ANALISIS SPIKOLOGIS PERKEMBANGAN MASA ANAK-ANAK, REMAJA, DEWASA MADYA, DAN DEWASA AKHIR. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 234-246.

Nurhadi, M., Husaini, A., Sauri, S., & Suryadi, B. (2015). Pendidikan Kedewasaan Perspektif Pendidikan Islami menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Implementasinya di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 21-42.

Nursidik,A. (2022). KMIP:Wadah Berorganisasi dan Menjalin Persaudaraan. Diakses pada 25 Juli 2024. URL: KMIP: Wadah Berorganisasi dan Menjalin Persaudaraan (kmip-uny.blogspot.com).

Paputungan, F. (2023). Karakteristik Perkembangan Masa Dewasa Awal Developmental Characteristics of Early Adulthood. Journal of Education and Culture (JEaC), 3.

Purnomo, A., & Basuki, A. (2024). Systematic Literature Review: Efektivitas Andragogi dalam Bimbingan Konseling pada Program Konseling Sebaya Mahasiswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1835-1844.

Ramadhani, H. S. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Academic Engagement Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Saragih, C. A., Pakpahan, J., Gultom, M., & Sagala, M. S. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Andragogy di PKBM Hanuba Medan. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 20-32.

Siregar, Z. A. B. (2024). Implikasi Metode Mentoring Halaqah dalam Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah. AHDÃF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 39-54.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

28-03-2025

How to Cite

Rubiyantiningsih, Sakanti, K. L., & Genius, S. M. (2025). Implementasi Andragogi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FIPP UNY Sebagai Wadah Self Development Bagi Mahasiswa. Journal of Millennial Community, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.63189