Studi Komparatif Tingkat Percaya Diri Santri Peserta Program Santri Siap Guna (SSG) dan Santri Non-Program di Pesantren Daarut Tauhid

Authors

  • Muh Aiman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Joni Rahmat Pramudia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Viena Rusmiati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmic.v7i2.64856

Keywords:

percaya diri, santri, program santri, SSG, pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan tingkat percaya diri antara santri peserta Program Santri Siap Guna (SSG) dan santri non-program di Pesantren Daarut Tauhiid. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan pendekatan deskriptif-komparatif, yakni mengumpulkan, mereview, dan menganalisis sejumlah literatur ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa santri peserta SSG umumnya memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan santri non-program, yang ditandai dengan peningkatan aspek keberanian, kemandirian, dan tanggung jawab sosial. Perbedaan ini dipengaruhi oleh intensitas pelatihan, sistem mentoring, dan keterlibatan santri dalam kegiatan sosial dan spiritual. Temuan ini memperkuat teori self-efficacy Bandura yang menyatakan bahwa kepercayaan diri terbentuk melalui pengalaman performatif, pembelajaran sosial, dan dukungan lingkungan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program serupa pada lembaga pendidikan berbasis karakter.

References

Afifah, A., Hamidah, D., Burhani, I., (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Antara Kelas Homogen Dengan Kelas Heterogen Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Happines. 3(1). 44–47. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.352.

Alqismi, M. A., Wahyudi, H., (2025). Efektivitas Logoterapi untuk Meningkatkan Makna Hidup pada Purnawirawan Perwira Menengah TNI-AD. Jurnal Multidisciplinary Research and Development. 7(4). 2455-2476. https://doi.org/10.38035/rrj.v7i4.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 3(2). 156-169. https://ejournal.unib.ac.id.

Amrozi, S. R., (2019). Pemikiran Daniel Goleman dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan islam di Indonesia, Jurnal Al’Adalah. 22(2). 106-116. https://aladalah.uinkhas.ac.id.

Anjarsari, L., Amalia, A. R., Salsabila, S., & Fadia Annur, A. (2023). Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi (Studi Kasus Sekolah Dasar Karangsari). Journal of Millennial Community, 5(2), 81–88. https://doi.org/10.24114/jmic.v5i2.36382.

Azhar, I. (2018). Sukses Menggapai Prestasi Akademik melalui Self Regulated Learning. Madinah: Jurnal Studi Islam. 5(2). 199-224. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php.

Cherry, K., (2025). The Experiential Learning Theory of David Kolb. Verywellmind. https://www.verywellmind.com.

Darmia, A., Nurmadiah., Indrawan, I. (2023). Efektivitas Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Modern Al-Azkiya Desa Pengalihan Kecamatan Keritang. Jurnal IHSAN. 1(2). 87-101. https://media.neliti.com.

Efendi, R., (2013). Self Efficacy: Studi Indigenous pada Guru Bersuku Jawa. Jurnal Social and Industrial Psychology. 2(2). 61-67. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip.

Ekamia, G. L., Rahman, A. A., Hidayat, I. N., (2023). Pendidikan dan Pelatihan Santri Siap Guna (SSG) untuk Meningkatkan Religiusitas Santri Daarut Tauhiid. Jurnal JPIB. 6(1). 67-76. DOI : 10.15575/jpib.v6i1.22480.

Faisal., Majid, A., Muadin, A., (2025). Penguatan Literasi Al-Qur'an dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja di Kalimantan Timur. Jurnal Ar Ro’Is Mandalika (ARMADA). 5(2). 64-78. https://ojs.cahayamandalika.com.

Fitrianingsih, N., Apriliana, S., Ilmi, A., Fakhriyana, D., (2024). Systematic Literature Review: Self Efficacy terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal El-Banar. 7(2). 1-14. https://staibanisaleh.ac.id.

Hakima, A., Hidayati, L., (2020). Peran Model Experiental Learning dalam Pendidikan berbasis Keterampilan Tata Busana. Jurnal UNESA. 9(3). 51-59. https://ejournal.unesa.ac.id.

Irawan., Idayati, F., Praskadinata, H., Dina, F., Abdurohim., Tasriastuti, N., (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkelanjutan. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Irshadi, F., Ivanna J., (2024). Meningkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan di Palu,Sulawesi Tengah : Kebijakan Publik untuk Membangun SDM Unggul. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(2). 19921-19932. https://jptam.org.

Jannah, M., Satwika, Y. W. (2021). Pengalaman Krisis Identitas pada Remaja yang Mendapatkan Kekerasan dari Orangtuanya. Jurnal Character. 8(2). 51-59. https://ejournal.unesa.ac.id.

Kurnia, I. R., Adelia, A., Nurul, F., Rahmawati, L., Dewi, N., Salma, S., Suryanti., (2024). Terapa Layanan Konseling pada Siswa yang Kurang Percaya Diri di SDIT Azzhahiriyyah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 7(4). 12762-12769. http://journal.universitaspahlawan.ac.id.

Loloagin, G., Rantung, D. A., Naibaho, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. Jurnal Education. 5(3). 6012-6022. https://jonedu.org.

Maisaroh, S., A’yun, D., (2024). Pendidikan dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara: Antara Kebebasan, Kemandirian, Kebudayaan.

Mirhan., Jusuf J., (2016). Hubungan antara Percaya Diri dan Kerja Keras dalam Olahraga dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi. 12(1). 186-196. https://media.neliti.com/.

Muharam, A., Mega, M. S. A., Nurtaqiyah, N., & Adi Laksono, B. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Siliwangi. Journal of Millennial Community, 5(2), 89–102. https://doi.org/10.24114/jmic.v5i2.42414.

Muthma’Innah. (2021). Urgensi Pendidikan Pesantren dalam Menyiapkan Pemimpin Bangsa Berkualitas dan Bermoral. Jurnal Mumtaz. 1(1). 65-75. https://e-journal.mumtaz.ac.id.

Rahayu, W., Permana, A. A., Sulaeman, E., Noviah, E., Kismanto, N. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2023 (SNPPM-2023). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm.

Prananda, Y., Christiana, E., (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Konseling Individu dengan Teknik Reframing. Jurnal UNESA. 13(1). https://ejournal.unesa.ac.id.

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi. 2(1). http://dx.doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.

Safitri, V., Prabawa, A. F., (2024). Kajian Literatur: Self-Confidence, Self-Concept dan Sikap Tafa’ul. Jurnal Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series. 7(3). 1924-1935. https://jurnal.uns.ac.id.

Subri. (2019). Eksistensi Lembaga Pendidikan Pesantren Salaf Ditengah Arus Modernitas (Studi Pada Pondok Pesantren Salaf Nurul Muhibbin Desa Kemuja Bangka). Tarbawy : Pendidikan Islam. 5(1). 29-40. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.828.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walker, RA. (2010). Sociocultural Issues in Motivation. Zone of Proximal Development Science direct. https://www.sciencedirect.com.

Yam, J. H. (2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur sebagai Metode Penelitian. Jurnal Empire. 4(1). 1-12. https://www.researchgate.net.

Published

01-09-2025

How to Cite

Muh Aiman, Joni Rahmat Pramudia, & Viena Rusmiati. (2025). Studi Komparatif Tingkat Percaya Diri Santri Peserta Program Santri Siap Guna (SSG) dan Santri Non-Program di Pesantren Daarut Tauhid. Journal of Millennial Community, 7(2), 75–85. https://doi.org/10.24114/jmic.v7i2.64856