Strategi Komunitas Ruang Temu Dalam Menjangkau Peserta Diskusi Dengan Memanfaatkan Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i2.64983Keywords:
Komunitas ruang temu, media sosial, instagram, strategi komunikasiAbstract
Penelitian ini menganalisis strategi Komunitas Ruang Temu dalam menjangkau peserta diskusi di Kota Bengkulu melalui pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, sebagai sarana utama promosi dan komunikasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Instagram secara strategis melalui iklan digital, unggahan interaktif, dan fitur story memperluas jangkauan informasi, menarik peserta baru, serta mempertahankan keterlibatan peserta lama. Media sosial berfungsi tidak hanya sebagai alat penyebaran informasi, tetapi juga sebagai ruang interaksi dua arah yang memperkuat hubungan sosial di dalam komunitas. Selain promosi digital, keberhasilan komunitas didukung oleh kerja sama dengan ruang publik seperti kafe serta penyesuaian jadwal kegiatan agar inklusif bagi peserta dari luar kota. Penelitian ini menegaskan bahwa strategi komunikasi digital melalui media sosial berkontribusi penting terhadap perencanaan pendidikan nonformal, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas, memperkuat jejaring sosial, dan mendorong partisipasi masyarakat dalam ruang diskusi berbasis komunitas.References
Abdussamad Z., (2021), Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: Syakir Media Press.
Abidin, Z., Sendratari, D. L. P., & Maryati, D. T. (2019). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Amartha Yoga di Desa Gerokgak, Buleleng, Bali: Latar belakang, pola pembelajaran, manfaat dan kendala pada program Paket B. e-Journal Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 66–76. https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26669.
Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10836.
Boyd, D. (2011). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210–230. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x.
Dinata, A. S., Harahap, R. A., Novi, S. L., (2024), Efektivitas Intervensi Media Sosial dalam Promosi Kesehatan Remaja: Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 8545-8551, https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32670.
Dianita, R., Jumrahayani., Amin, A., (2023), Proses Keputusan Inovasi Program Bahan Ajar Buku Saku Takhasus Di SD Islam Plus Karakter, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 42-15-4227, https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13623.
Fayn, M. G., Garets, V. D., Riviere, A., C ollective empowerment of an online patient community: conceptualizing process dynamics using a multi-method qualitative approach, National Library of Medicine, https://doi.org/10.1186/s12913-021-06988-y.
Fitriani, Y. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. Journal of Information System, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609.
Howard, S. K., Schrum, L., Voogt, L., Sligte., (2021), Merancang penelitian untuk menginformasikan keberlanjutan dan skalabilitas inovasi teknologi digital, Educ Technol Res Dev, 69(4), 2309-2329, https://doi.org/10.1007/s11423-020-09913-y.
Komalasari, P., Alfando, J., (2023), Interaktivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Kahe.Id dalam meningkatkan Customer Engagement, Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(3), 1465-1379, https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.332.
Mudiarta, K. G. (2009). Jaringan sosial (networks) dalam pengembangan sistem dan usaha agribisnis: Perspektif teori dan dinamika studi kapital sosial. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 27(1), 1–12. https://doi.org/10.21082/fae.v27n1.2009.1-12.
Nasar, M., Salsabila, T., (2024), Pemanfaatan Potensi E-Commerce pada Peningkatan Keragaman Bisnis Lokal di Sulawesi Selatan; Perspektif Transformasi Digital, GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, 3(1), 25-37. https://doi.org/10.24002/giat.v3i1.9152.
Noventri, M. I., Perawitan Pakpahan, J., Wardani Pane, J., & Hutabarat, L. (2022). Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. Journal of Millennial Community, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32339.
Pratama, R., & Gunawan, I. (2021). Media sosial sebagai sarana pendidikan nonformal pada komunitas Pemuda Literasi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(2), 133–141.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.
Rahmawati, S. (2020). Media sosial sebagai alat personalisasi pembelajaran dalam pendidikan nonformal. Jurnal Pendidikan Nonformal, 28(1), 10–23.
Rice, E., Adhikari, A. B., (2017), Internet and Social Media Use as a Resource Among Homeless Youth*. National Library of Medicine, https://pmc.ncbi.nlm.nih.gov.
Richadinata, K. R. P., Astitiani, N. L. P. S., (2021), Pengaruh Iklan Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Lingkungan Universitas Bali Internasional, Jurnal Manajemen, 10(2), 188-208, https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p05.
Rijali, A., (2018), Analisis Data Kualitatif, Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95, https://jurnal.uin-antasari.ac.id/.
Rogers, E. M. (2003). Difusi inovasi (edisi ke-5). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., (2022), Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif, Jurnal Al-Adad, 1(2), 54-64, http://dx.doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.
Sajiwa Foundation. (2024). Strategi komunikasi media sosial untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam organisasi nirlaba. Jurnal SABER, 8(1), 45–60.
Salsabila, L., Meiliani, D., Maharani, S., Lubis, R. N., (2025), Desain Penelitian Studi Kasus, Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 3(3), 245-254, https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1937.
Selwyn, N. (2011). Social media in higher education. In Gladman., (Ed.)The Europa world of learning (pp. 1-9). London, UK: Routledge.
Shantini, Y., Hufad, A., Sudiapermana, E., Saripah, I., & Nudiati, D. (2023). Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Journal of Millennial Community, 5(1), 13–27. https://doi.org/10.24114/jmic.v5i1.37709.
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., Permana, B. G., (2024), Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z, Journal on Education, 6(2), 11029-11037, http://jonedu.org/index.php/joe.
Susanti, S., Anggelina, M., Azzahra, N., (2025), Analisis Strategi Pengelola dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Belajar untuk Mengikuti Kegiatan belajar di Sikkola Rakyat, Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 3(3), 61-76, https://doi.org/10.61132/bima.v3i3.2051.
Utami, N. F., & Yuliati, N. (2022, July). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media informasi. In Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 2, No. 2, pp. 311–317).
We Are Social & Hootsuite. (2023). Digital 2023: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia.
Yumna, S., Musfiana., Razak, A., Mustofa, A., (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Toko Lyradyba Di Kota Banda Aceh, Jurnal Liabilities, 6(1), 20-28, https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i1.14609.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.