Prinsip Andragogi dalam Pembelajaran Kesenian Kuda Lumping di Desa Pal Tiga Puluh Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Tina Febri Dwi Putri Universitas Bengkulu
  • Ari Putra Universitas Bengkulu
  • Citra Dwi Palenti Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmic.v7i2.65029

Keywords:

Andragogi, Kesenian Tradisional, Kuda Lumping, Pendidikan Nonformal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap motivasi, pengalaman, dan orientasi pembelajaran warga belajar dewasa dalam kesenian kuda lumping di Sanggar Samudra Jaya, Desa Pal Tiga Puluh, Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi warga dipengaruhi oleh faktor internal seperti minat pribadi dan hobi, serta faktor eksternal seperti ajakan teman dan dukungan keluarga. Pengalaman belajar mencakup aspek ekonomi, sosial, dan pengembangan diri, di mana kegiatan kesenian menjadi sarana aktualisasi diri, pelestarian budaya, dan penguatan relasi sosial. Proses pembelajaran mengandung nilai karakter seperti disiplin, kerja sama, dan penghormatan terhadap tradisi, serta berbasis pada pengalaman dan pemecahan masalah. Warga belajar juga menunjukkan kesadaran kritis terhadap pentingnya pelestarian budaya dan memiliki konsep diri yang kuat. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni tradisional berbasis budaya lokal mampu memperkuat identitas, membangun solidaritas komunitas, dan berkontribusi pada pelestarian warisan budaya daerah secara berkelanjutan.

References

Aprilyanti, T. I., Fahmi, R., Usiono., (2024). Pengaruh Pendidikan Nonformal Berbasis Komunitas terhadap Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap Bencana Banjir di Daerah Perkotaan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(3). 51542-51549. https://jptam.org.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Farabi, M. A., (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur’an. Jakarta: KENCANA.

Gaffar, F., Hasan, M., Marzuki, K., (2020). Penerapan Model Pembelajaran Andragogical Content Knowledge (ACK) Pada Mata Kuliah Psikologi Sosial. Jurnal Kewidyaiswaraan. 5(1). 2-10. https://doi.org/10.56971/jwi.v5i1.40

Karo, A. M. P., Gukguk, D. M., Aprija, D., Siburian, Y., Khairi, N. (2024). Kajian Kuda Lumping Sebagai Identitas Budaya Jawa: Menuju Pengakuan Internasional sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Jurnal SBN. 8(2). 124-133. http://dx.doi.org/10.21776/ub.sbn.2024.008.02.03.

Nasution. (2022). Sanggar Sebagai Alat Menumbuhkan Karakter Berbudaya Generasi Muda. TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts. 16-20. Doi: : 10.32734/lwsa.v5i2.1351.

Nugroho, L. F., Sariyatun, D., (2016). Peranan Sanggar Seni Santi Budaya Dalam Pelestarian Budaya Tradisional Dan Sebagai Wahana Pendidikan Seni Budaya Kelas 8SMPN 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Candi. 14(2). 147-166. https://jurnal.uns.ac.id.

Meriam, S. B., Bierema, L. L., (2014). Adult Learning Linking Theory and Practice. San Fransisco: Jossey-Bass.

Putra, A., Stiadi, E., Palenti, C. D., Gusti, R., Sofino, S., & Saputra, A. J. (2024). Prinsip Penyelenggaraan Pembelajaran Orang Dewasa Pada Lokakarya Komunitas Belajar I Program Sekolah Penggerak Angkatan Ii Propinsi Bengkulu Untuk Mewujudkan Ekosistem Sekolah Yang Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 18(1), 1–17. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/16370.

Rizqiyyatus, V. (2023). Kawasan Taman Kesenian Anak Kota Yogyakarta dengan Pendekatan Arsitektur Atraktif. Jurnal Poster Pirata Syandana. 4(2). https://ejournal2.undip.ac.id.

Rubiyantiningsih, Sakanti, K. L., & Genius, S. M. (2025). Implementasi Andragogi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FIPP UNY Sebagai Wadah Self Development Bagi Mahasiswa. Jurnal Millennial Community, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.63189.

Rusfandi. (2024). Pentingnya Pemahaman Budaya & Identitas Sosial. Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Pendidikan (JAMAPEDIK). 1(1). 18-32. Doi: 10.59971/jamapedik.v1i1.4.

Rosdiana, Irwan, M., Lubis, R. E., (2025). Inovasi Pembelajaran Micro TeachingProgramKesetaraanBerbasis Project Based LearningDengan PendekatanAndragogi Untuk Meningkatkan Kompetensi Andragogi Mahasiswa. Jurnal Millennial Community. 7(1). 20-30. https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.65152.

Safitri, A. (2021). Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Pelatihan Kewirausahaan Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Cigombong. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 101–107. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5966.

Saleh, S., (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Syarifuddin., Anggraini, L., Fauziah, F. A., (2021). Relevansi Pemikira Paulo Freire dengan Kemampuan Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang. 6(1). http://download.garuda.kemdikbud.go.id.

Sugiono. (2022). Metode Kualitatif dan Metode Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Published

01-09-2025

How to Cite

Tina Febri Dwi Putri, Ari Putra, & Citra Dwi Palenti. (2025). Prinsip Andragogi dalam Pembelajaran Kesenian Kuda Lumping di Desa Pal Tiga Puluh Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Journal of Millennial Community, 7(2), 123–132. https://doi.org/10.24114/jmic.v7i2.65029