Evaluasi Dampak Program Pembangunan Ekonomi Pemerintah terhadap Pertumbuhan dan Kesejahteraan Anak Usia Dini di Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.65076Keywords:
anak usia dini, ekonomi, kesejahteraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program ekonomi pembangunan terhadap pertumbuhan dan kesejahteraan anak usia dini di Sumatera Utara dalam kurun waktu 2019–2024. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed methods, yaitu kombinasi kuantitatif dan kualitatif. penerima manfaat program, sementara data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orang tua, pendidik, dan pelaksana program. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekonomi pembangunan memberikan dampak signifikan pada penurunan prevalensi stunting dari 35% menjadi 20%, serta peningkatan berat badan normal sebesar 12%. Partisipasi anak usia dini dalam pendidikan PAUD meningkat dari 65% menjadi 85%, seiring dengan meningkatnya kualitas layanan pendidikan. Di sisi ekonomi, rata-rata pendapatan keluarga penerima manfaat naik 30%, dari Rp2.000.000 menjadi Rp2.600.000 per bulan, dan tingkat kemiskinan turun dari 45% menjadi 30%. Program ekonomi pembangunan memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan fisik, kesejahteraan psikologis, dan pendidikan anak usia dini di Sumatera Utara.References
Aini, N., Hera, A. G. M., Anindita, A. I., Malangkay, K. S., Amalia, R. (2022). Hubungan Rendahnya Tingkat Ekonomi terhadap Risiko Terjadinya Stunting: A Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 127-135. http://dx.doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4457.
Alderman, H., Behrman, J. R., Glewwe, P., Fernald, L., Walker, S., Bundy, D. A. P., Silva, N. D., Horton, S., Jamison, D. T., Patton, G. C. (2017). Evidence of Impact of Interventions on Growth and Development during Early and Middle Childhood. Washington (DC): The International Bank of Reconstruction and Development.
Badan Pusat Statistik. (2022). Profil Anak Indonesia: Kesejahteraan dan Pendidikan Anak. Jakarta: BPS.
Erikson, E. H. (1950). Childhood and society. New York: W. W. Norton & Company.
Garcia, J. L., Heckman, J. J., & Prados, M. J. (2021). The Life-cycle Benefits of an Influential Early Childhood Program. Journal of Political Economy, 129(7), 2047-2081.
Heckman, J. J., & Karapakula, G. (2020). The Importance of Early Childhood Investments for Economic Development. NBER Working Paper Series.
Hidayat, N., & Suryani, T. (2020). Pengaruh Program Keluarga Harapan terhadap Kesejahteraan Anak Usia Dini di Wilayah Perdesaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan Indonesia, 18(1), 45-56.
Jones, L., & Britto, P. R. (2020). Investing in Early Childhood Development for Sustainable Futures. Jurnal The Lancet Global Health, 8(3), e345-e355.
Kalkuhl, M & Wenz, L. (2020). The Impact of climate conditions on economic production. Evidence from a global panel of regions. Jurnal EEM, 103, 1-20. http://www.elsevier.com/locate/jeem,
Kurnia, A. D., Zuroida, M., Ikhsaniyah, S. N., Ebensher, Y. K., Puspita, A. M. P. (2024). Peran Politik dalam Dinamika Ekonomi: Pengaruh Kebijakan Politik terhadap Pertumbuhan dan Stabilitas Ekonomi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 222-228. https://doi.org/10.62017/merdeka.
Kementerian Keuangan. (2023). Dampak Program Perlindungan Sosial terhadap Kesejahteraan Anak di Indonesia. Jakarta: Kemenkeu.
Kementerian Kesehatan RI. (2022). Laporan Tahunan Gizi Anak Usia Dini. Jakarta: Kemenkes.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (KKBPRI). (2021). Laporan Kajian Dampak Program Pemulihan Ekonomi Nasional terhadap Perekonomian Daerah. https://ekon.go.id.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan Statistik Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian PPN/Bappenas. (2023). Strategi Nasional Penanggulangan Stunting. Jakarta: Bappenas.
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396. https://doi.org/10.1037/h0054346.
Ningrum, E. P., M, Sumarno., Nursyamsi, S. E., Siregar, N. (2024). Faktor terkait Kesenjangan Ekonomi dan Kesejahteraan. Jurnal Prive, 7(2), 116-127. http://ejurnal.unim.ac.id.
OECD. (2022). The Economic and Social Benefits of Investing in Early Childhood Education. Paris: OECD Publishing.
Qibtiyah, M & Widodo, P., (2024). Analisis Fluktuasi Ekonomi di Indonesia terhadap Output Gap Potensial tahun 1993-2002. Journal of Development Economic and Digitalization, 3(1), 31-45. https://ejournal.upnvj.ac.id.
Rasid, A., Apriadi, O., Nudiana, Pratama, I. N., Subandi, A., Darmansyah., Irawansyah. (2024). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ummat, 3, 724-733. https://journal.ummat.ac.id.
Rencana Aksi Daerah (RAD) Sumatera Utara. (2024). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tahun 2024-2026. Sumatera Utara. https://jdih.sumutprov.go.id.
Sina, P. G., (2020). Ekonomi Eumah Tangga di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen, 12(2), 239-254, https://doi.org/10.35508/jom.v12i2.2697.
Suryadarma, D., & Widyanti, W. (2021). Efek Ekonomi Program Sosial pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Publik, 12(3), 301-314.
United Nations Development Programme (UNDP). (2021). Human Development Report 2021: Inequalities in Early Childhood Development. New York: UNDP.
UNICEF. (2022). Early Childhood Development: A Global Priority for Equitable Growth. New York: UNICEF.
World Health Organization (WHO). (2023). Improving Child Nutrition and Development through Integrated Programs. Geneva: WHO.
Yunita, L & Suryana, D. (2021). Perkembangan Personality Sosial Usia Bayi dan Toddler. Jurnal Family Education, 1(4), 14-22, https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.