Inovasi Pembelajaran Micro Teaching Program Kesetaraan Berbasis Project Based Learning Dengan Pendekatan Andragogi Untuk Meningkatkan Kompetensi Andragogi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.65152Keywords:
andragogi, micro teaching, pembelajaran proyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran berbais proyek terintegrasi dengan pendekatan andragogi pada mata kuliah micro teaching. (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran berbais proyek terintegrasi dengan pendekatan andragogi pada mata kuliah micro teaching. (3) meningkatkan kemampuan andragogi mahasiswa penmas dalam mengelola pembelajaran kesetaraaan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan desain Borg & Gall (research and information collecting, develop preliminary form of product, main field testing, final product revision). Pengumpulan data pada penelitian melalui observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah pembelajaran berbasis proyek dalam Micro teaching meningkatkan keterlibatan, keterampilan mengajar, kemandirian dan kreativitas mahasiswa. Penyempurnaan model melalui struktur proyek terarah dan bimbingan intensif menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan kompetensi pedagogi dan andragogi mahasiswa.References
Agusdianita, N., (2023). Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Tematik, Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-7 (SNIP 2023), 6(3), 160-166. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id.
Belland, B. R., Glazewski, K. D., & Richardson, J. C. (2019). A Scaffolding Framework To Support The Construction Of Evidence-Based Arguments Among Middle School Students. Educational Technology Research And Development, 67(2), 433-462.
Boekaerts, M., & Corno, L. (2019). Self-Regulation In The Classroom: A Perspective On Assessment And Intervention. Educational Psychology Review, 31(3), 433-439.
Borg, W. R & M, D. Gall., (1989). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York & London: Longman.
Al-Balushi, S. M., & Al-Aamri, S. S. (2014). The Effect Of Environmental Science Projects On Students Environmental Knowledge And Science Attitudes. International Research In Geographical And Environmental Education, 23(3), 213–227. Https://Doi.Org/10.1080/10382046.2014.927167
Barkatullah. (2022). Kualitas Pelayanan Program Pendidikan Non Formal Kelompok Belajar (Kejar) Paket C Setara Sma Di Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Hulu Sungai Utara. Al Lidara Balad, 4(2), 1–15.
Destiani, T., Arbarini, M., & Shofwan, I. (2023). Pendekatan Andragogi Dalam Pembelajaran Setara Daring Pada Program Pendidikan Kesetaraan. Jendela PLS, 8(1), 32–44. Https://Doi.Org/10.37058/Jpls.V8i1.7093
Hmelo-Silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2007). Scaffolding And Achievement In Problem-Based And Inquiry Learning: A Response To Kirschner, Sweller, And Clark (2006). Educational Psychologist, 42(2), 99–107. Https://Doi.Org/10.1080/00461520701263368
Indah Wulandari, M. S. I. M. M. S. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Muhammadiyah Padangpanjang. Inovasi Pendidikan, 10(1), 42–48. Https://Doi.Org/10.31869/Ip.V10i1.4460
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2000). Project-Based Learning: A Review Of The Literature. 19(3).
Machmud, M. T., Irwan, M., Mu’Tia Utami, N., Rosidah, Wattanachai, S., Samat, C., & Ikram, F. Z. (2024). The Digitalization Phenomenon In Indonesian Education: Progress, Challenges, And Government Strategies. Proceedings - International Conference On Education And Technology, ICET, 209–216. Https://Doi.Org/10.1109/ICET64717.2024.10778480
Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development) Dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69.
Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28. Https://Doi.Org/10.53915/Jurnalkeislamandanpendidikan.V14i1.329
Setiawan, M. A., & Qamariah, Z. (2023). A Practical Guide In Designing Curriculum For Diverse Learners. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 260–275. Https://Doi.Org/10.56910/Pustaka.V3i3.741
Siegel, S (2011). Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia Utama.
Su, Y., Reeve, J., & Hou, Y. (2020). A Review Of The Research On Student Motivation In Project-Based Learning. Journal Of Educational Psychology, 112(3), 519-532.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Wahono., Imsiyah, N & Setiawan, A., (2020). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Literasi Era Digital. Proceeding Literasi Dala Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 517-527. Https://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id.
Walker, A., Leary, H., Hmelo-Silver, C. E., & Ertmer, P. A. (2022). Essential Readings In Problem-Based Learning: Exploring And Extending The Legacy Of Howard S. Barrows. Purdue University Press.
Wulandari, E., Sutikyanto., Mujiyanto., (2024). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru, Jurnal Educatio, 10(1), 98-104. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V10i1.6582.
Yustialti, A., Hamdan, A., & Herwina, W. (2018). Evaluasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 3(1), 25–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.