Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SPNF SKB Kota Bengkulu: Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i2.65383Keywords:
kurikulum merdeka, pendidikan kesetaraan, SPNF, SKB, Kesiapan ImplementasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesiapan Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kota Bengkulu dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala satuan pendidikan, pamong belajar, tutor, dan warga belajar. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diperkuat dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPNF SKB Kota Bengkulu telah memulai implementasi Kurikulum Merdeka dengan langkah-langkah terstruktur, termasuk perencanaan kolaboratif dan pelaksanaan pembelajaran yang bervariasi. Meskipun terdapat tantangan, seperti keterbatasan waktu adaptasi, ketidaksesuaian data kehadiran warga belajar, dan kesenjangan penggunaan teknologi oleh pendidik yang mendekati usia pensiun, secara umum institusi menunjukkan kesiapan yang cukup fungsional dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka.References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Aisyah, S., & Widianto, E. (2023). Pengaruh Aplikasi SeTARA Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Malang. Journal of Millennial Community, 4(2), 49–67. https://doi.org/10.24114/jmic.v4i2.35654.
Amanda, L., Nadia, I., Sauqi, A., Ilmi, M. Z., Nurliani, P., Safira, H., Utami, R. T., Pratiwi, D. A., & Aslamiah, A. (2024). Potret Kurikulum Merdeka sebagai Paradigma Baru di SDN Alalak Selatan 1 Banjarmasin. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 1131–1145. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.342.
Andriani, R. I., & Widiyono, A. (2024). Kendala Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 167–178. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3618.
Azahra, S., (2024). Implikasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Prestasi Siswa. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(5), 319-326. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1075.
Citriadin, Y., (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Mataram: Sanabil Publishing.
Haratua, C. S., Pratiwi, A. E., Supriadi, D., Huriyatussania, F. F., Hendriana, H., & Rosdiana, R. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 7(1), 479-491. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6372.
Haryoko, S., Bahartiar., Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, teknik & Prosedur Analisis). Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Hasballah, T., Zulfatmi. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Tantangan, Kebijakan, Dan Dampak Terhadap Pendidikan, Jurnal Ilmiah Edukatif, 10(2), 312-322. Doi: 10.37567/jie.v10i2.3404.
Hasmiati, H., Fawzani, N., & Muhlis, W. (2024). Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 348–360. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i2.41555.
Hidayah, D., Rosmuliawati, A. S. ., Munandar, A. H. ., Herlina, N. ., & Handayani, S. . (2025). Perencanaan Stratejik Sistem Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Paket C di PKBM Bina Bangsa Purwakarta. Indonesian Research Journal on Education, 5(4), 818 –. https://doi.org/10.31004/irje.v5i4.2714.
Ibrahim, N., Yunus, N & Lopuo, R. (2025). Efektivitas Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Tingkat Sekolah Menengah Atas : Tinjauan Psikologis dan Struktural. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 143–158. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5017.
Lestari, U. F., Wati, M., Afandi, M., Subhan, M., & Sahbana, M. D. R. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis. Journal of Education Research, 5(4), 5272–5280. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1806.
Lestari, V. W., Mu’minin, M. N. ., Jeniah, A. ., Avifah, A. N. ., Nurhidayati, A. ., & Muhtarom, T. . (2025). Analisis Pendekatan Student Center Learning dalam Menumbuhkan Karakter Kemandirian Melalui Kurikulum Sekolah Citra Alam Yogyakarta. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1473–1481. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.6917.
Maulana, S., Hidayat, D., Muis, A., (2023). Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Hidup melalui Keterampilan Menjahit bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SKB Karawang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 17(2). 54-62. https://ejournal.uika-bogor.ac.id.
Miftahudin, M., Nufus, N. T & Hilaliyah, T. (2024). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Praktik Pembelajaran Sekolah di Indonesia. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1), 159–168. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1473.
Nafiurrohmah, A., & Ilyas, I. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Program Pendidikan Kesetaraan. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 804–814. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2648.
Nainggolan, L. S., & Rohman, A. N. (2021). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Ujian Pendidikan Kesetaraan Paket C Secara Daring Di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Journal of Millennial Community, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.24114/jmic.v3i1.25435.
Purwandari, W., Safitri, I. N. ., & Karimah, M. M. . (2024). Eksplorasi Hakekat Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1045–1060. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1130.
Rahmat, A., Malik, H., Ahmad. (2023). Model ASOKA (dalam Pembelajaran dan Pelatihan Pendidikan Masyarakat). Gorontalo: Ideas Publishing.
Sajdah, S. P., Juwita, P., Arkananta, A. M., Kusumaningrum, H. (2024). Manajemen Sarana Prasarana Berbasis Teknologi untuk Pembelajaran Abad 21. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 77–94. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i1.827.
Setiyorini, S. R., Setiawan, D., (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27.
Suyono., Triyani, A. N., Camelia., Purba, N. W., (2022). Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Peningkatakn Kualitas Proses Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(2), 211-218. https://doi.org/10.17509/jap.v29i2.47498.
Tabrani, T. (2023). Perbedaan antara penelitian Kualitatif (Naturalistik) dan Penelitian Kuantitatif (Ilmiah) dalam barbagai Aspek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 318–327. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12734.
Tristanti, T., Sujarwo, S., & Suharta, S. (2020). Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Bagi Tutor Keaksaraan Di Kabupaten Wonogiri. Journal of Millennial Community, 2(2), 45–52. https://doi.org/10.24114/jmic.v2i2.19573.
Wahyuni, S., Haryanti, N., (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital, Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan. 7(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id. 142-154.
Widiansyah, S., Hidayat, S., Kamil, S., Purba, I. D., Rahmawati, U & Khairo, F. M (2024). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka: (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas). Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 344–362. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.1120.
Windayanti., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E., Safar, M., Mokodenseho., (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka, 6(1), 2056- 2063. http://jonedu.org/index.php/joe.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.