Strategi Pembelajaran Partisipatif Paket C di PKBM Pematang Indah Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i2.65384Keywords:
Strategi pembelajaran, Pembelajaran partisipatif, Program Paket C, PKBMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran partisipatif dalam penyelenggaraan program Paket C di PKBM Pematang Indah Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta validasi data dengan triangulasi. Strategi pembelajaran meliputi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, tutor mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik dan menyusun pembelajaran yang memperhatikan aspek emosional serta motivasi belajar. Pelaksanaan dilakukan dua kali seminggu dengan metode diskusi, tanya jawab, dan kuis yang mendorong keterlibatan aktif peserta. Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif, mencakup keaktifan, penyelesaian tugas, dan kehadiran. Hasilnya menunjukkan peningkatan motivasi, kemampuan belajar mandiri, serta adanya peserta yang berhasil memperoleh ijazah dan melanjutkan ke pendidikan tinggi. Tantangan utama adalah perbedaan karakteristik peserta dan kesulitan menjaga konsentrasi belajar, yang diatasi dengan strategi pengajaran adaptif. Penelitian ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran partisipatif efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di pendidikan kesetaraan.References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Arbarini., Jutmini, S., Joyoatmojo, S. & Sutarno. (2024). Participatory learning model on adults literacy education of rural communities. International Journal of Education and Counseling (IJEPC), 2(6). https://gaexcellence.com.
Anattri, L., Saputra, S. O., Fitriani, R., & Risnita, R. (2023). Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran Pada Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 52-64.
Astari, Thaheruddin, M., Nurcahyo, R. (2024). Strategi Analisis SWOT dalam Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis ICT untuk Pendidikan Non-Formal: Studi Kasus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Jawa Barat. E-Journal Studia Manajemen. 13(1). 13-34. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id.
Komaruddin, I., Kurniawan, A., Mahmud, R., Saleh, S., Khasanah, F., Megavitry, R,m Hartiningsari, D. P., Sari, D., Ratnawati. (2022). Strategi Pembelajaran. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Lubis, C. W & Rosdiana. (2019). ImplementasiProgram Keaksaraan Fungsional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Binaan LapasWanitaDiTanjung Gusta Medan. Jurnal Millennial Community. 1(2). 73-82. https://doi.org/10.24114/jmic.v1i2.14757.
Nababan, D., & Sihombing, G. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Dapat Menjadikan Siswa Aktif Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 923–932. https://publisherqu.com.
Pappas, C. (2025). The Adult Learning Theory - Andragogy - of Malcolm Knowles. eLearning Industry. Diakses Juli 2025. Dari [https://elearningindustry.com].
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Sariah. (2012). Kegiatan Belajar Partisipatif. Jurnal Pemikiran Islam. 37(1). https://ejournal.uin-suska.ac.id.
Shafa, A. M., Anjani, F., Hasibuan, J., Maulidina, N., Syahfitri, R., (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi) Pada Program KursusMenjahit di LKP Kutilang. Jurnal Millennial Community, 4(1), 2022, 26-40. http://journal.unimed.ac.id.
Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumarni, M. N., Nasir, M., & Herlina, B. (2020). Strategi Pembelajaran Partisipatif pada Proses Penyelenggaraan Program Paket C di Kabupaten Wajo. Journal of Education and Teaching (JET), 1(1), 9-18.
Vaculikova, J., Kalenda, J., Kocvarova, I. (2024). Participation in non-formal adult education within the European context: examining multilayer approach. Frontiers in Education. http://dx.doi.org/10.3389/feduc.2024.1380865.
Zulmedia, S., Alfansi, L., Praningrum., (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kepemimpinan Otentik terhadao Kinerja (Studi Pada Laboran Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Kota Bengkulu). Jurnal UNIB. 4(2), 299–317. https://doi.org/10.33369/sjbm.4.2.299-317
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.