Analisis Implementasi Case Method & Team Based Project Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.65554Keywords:
Case Method, Team-based Project, OBE, Pendidikan Luar SekolahAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi case method dan team-based project dalam pembelajaran Konsep Dasar Pendidikan Masyarakat, menguji efektifitas model pembelajaran case method dan team-based project terhadap peningkatan 4 literasi mahasiswa seperti yang terdapat pada kurikulum Outcome Based Education (OBE). Jenis penelitian ini adalah Mixed Method Researc (MMR) f. Implementasi Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project telah berhasil diterapkan pada Mata Kuliah Konsep Dasar PLS di Jurusan Pendidikan Masyarakat Unimed untuk mendukung Kurikulum OBE. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest berdistribusi normal menurut kedua uji Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk, sementara data posttest menunjukkan hasil yang sedikit berbeda namun masih dapat dianggap normal untuk analisis lebih lanjut. Uji T berpasangan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara nilai pretest (rata-rata 65,9333) dan posttest (rata-rata 82,2333), dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05).References
Arinindyah, O., & Nurhayati, W. (2024). Outcome-Based Education sebagai Pendekatan Transformasi dalam Pengajaran Kewirausahaan: Studi Kasus di Perguruan Tinggi. 10(4), 1382–1390. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10776
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Deli, M., Allo, G., Sudarsi, E. T., & Taula’bi’, N. (2024). The Implementation of Outcome Based Education (OBE) Principles in the Curriculum of the English Education Study Program at a Higher Education in Toraja. Dalam Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Nomor 2). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Fauzi, A., Ermiana, I., Nur, A., Rosyidah, K., Sobri, M., Guru, P. S., Dasar, S., & Alamat, U. M. (t.t.). IMPLEMENTASI CASE METHOD (PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN KASUS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOLABORATIF MAHASISWA.
Gede Agus Jaya Negara, Ni Rai Vivien Pitriani, & Luh Putu Widya Fitriani. (2024). Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) Dengan Nilai-Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68767
Harlanu, M. (2024). Determinant Model of Case Method and Team-Based Project Learning Models Through Collaborative Class Strategies with Off-Campus Partners. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 5(1), 43–50. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i1.1424
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2023). Cooperative Learning Returns to College: What Evidence Is There That It Works? Dalam Learning from Change: Landmarks in Teaching and Leaming in Higher Education from Change Magazine, 1969-1999 (hlm. 205–212). Taylor and Francis. https://doi.org/10.1080/00091389809602629
Plano Clark, V. L., & Ivankova, N. V. (2018). Mixed Methods Research: A Guide to the Field. Dalam Mixed Methods Research: A Guide to the Field. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483398341
Rahmadi, M. T., Ali Nurman, Eni Yuniastuti, Mbina Pinem, Nurmala Berutu, M Taufik Rahmadi, Tria Maulia, M Rizky Pratama Ginting, & Dilvia Saqina. (2022). Analisis Penerapan Case Method dan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 10(2), 137–143. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.8348
Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021a). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196
Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021b). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196
Scott, B., & Fox, M. E. (2023). Cases on economics education and tools for educators. Dalam Cases on Economics Education and Tools for Educators. IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7583-6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.